Cara Membuat Buku Cerita Bagus

Bagaimana menulis cara membuat buku cerita yang bagus? Anda bisa memulai menulis membuat buku berdasarkan pengalaman anda dalam menulis buku cerita agar hasil yang anda tulis dianggap bagus. Bagaimana cara langkah praktisnya? Di sini, saya akan menjelaskan beberapa tips dari situs lain untuk cara membuat atau menulis buku cerita yang bagus.

Manusia secara naluri mampu bercerita, baik di dalam lisan atau tulisan dalam bentuk buku catatan harian. Namun untuk menulis cara membuat buku cerita yang bagus, Anda mungkin merasa bingung, sekalipun imajinasi Anda kuat dan memiliki jutaan ide yang bagus. Untuk menulis buku cerita bagus, Anda harus mendapatkan inspirasi, mengembangkan isi cerita Anda, dan kemudian meninjau ulang karya Anda sampai Anda telah menulis cerita terbagus yang dapat Anda karang. Jika Anda ingin menulis cerpen yang bagus, ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Cari inspirasi dengan memerhatikan dunia dan kejadian-kejadian sekitar Anda

Mencari inspirasi untuk kepentingan menulis buku cerita sangat dipentingkan karena di situ akan mendapatkan sebuah pendapat, ide atau lainnya yang bermanfaat. Anda bisa mengandalkan segala cara dalam mencari inspirasi yang bisa jadi membuahkan kesukesan besar dalam berkarya.

2. Dapatkan inspirasi dari skenario "Bagaimana jika.

Anda bisa menjadikan pertanyaan “Bagaimana jika” sebagai sesuatu pilihan atas penemuan yang anda peroleh. Ketika anda menemukan inpirasi sebuah cerita dari makanan spageti, anda bisa mengajukan “Bagaimana jika” dengan mengkaitkan pada ide inspirasi lainnya.

Berikut adalah daftar bagaimana proses membuat cerita yang bisa anda lakukan. Menulis cerita atau kata lain menulis buku cerita memang harus membutuhkan kreatifitas. Berikut langkah yang bisa nada lakukan.

3. Cari inspirasi dari pengalaman Anda
4. Cari inspirasi dari cerita yang pernah Anda dengar
5. Cari inspirasi dari suatu latar
6. Cari inspirasi dari latihan menulis
7. Cari inspirasi dengan membaca cerita pendek
8. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita
9. Mengembangkan Cerita
10. Meninjau Ulang Cerita

6 Cara Membuat Cerita Bagi Pemula

Bagi calon penulis atau pemula, hal seperti itu sering kali bikin frustrasi. Padahal, menulis cerita bisa dimulai dengan tema sederhana, cara sederhana, serta jumlah halaman yang sedikit. Seiring perkembangan latihan menulis, jumlah halaman dan kompleksitas cerita dapat kita kembangkan. But, hey, there’s always a first for everything, right? Oleh karena itu, bagi kamu yang baru pertama kali ingin membuat cerita, berikut ini adalah 4 tips yang bisa menjadi pegangan untuk memulainya tanpa ribet, tanpa bikin stres.

1. Memastikan ide cukup solid untuk dikembangkan menjadi sebuah cerita
2. Tentukan tujuan si tokoh utama
3. Buat plot besar “Awal, Tengah, Akhir”
4. Mulai menulis

Sumber: blog.sittakarina.com/cara-menulis-cerita-untuk-pemula/

9 Urutan Menulis Novel yang Paling Populer dikalangan Penulis

Bagaimana cara menulis novel dengan baik dan benar? Berikut ini adalah sembilan tahapan dan penjabarannya:

SATU. Gaet pembaca pada paragraf pembuka dengan menyuguhkan konflik. Ini adalah cara membuat pembukaan novel yang ampuh dan menarik.

DUA. Kembangkan karakter tokoh novel Anda. Bantu pembaca untuk memvisualkan karakter dengan mendesripsikan penampilan, tingkah laku dan pemikiran tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita. Ketika dia berbicara, ungkap karakternya.

TIGA. Pilih sudut pandang penulisan cerita dalam novel Anda. Anda bisa berperan menjadi orang pertama (protagonis) dengan kata ganti aku, saya, kami, kita.

EMPAT. Buat dialog yang penuh arti. Tulis dialog yang penting-penting saja, yang ada tujuannya, yang langsung pada masalah, yang langsung menjelaskan, jangan berputar-putar, jangan bertele-tela, jangan hambar.

Baca:  Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

LIMA. Tetapkan setting cerita dalam novel Anda.
ENAM. Mengatur plot dalam novel Anda.
TUJUH. Mengarahkan klimaks pada novel Anda.
DELAPAN. Menulis ending novel Anda. Ending adalah penyelesaian atas masalah
SEMBILAN. Terakhir adalah membuat Judul novel yang Menarik.

Katanya inspirasi tak terbatas itu hidup kita sendiri. Dekat, dimengerti, dan dapet banget rasa-nya. Yah, bener. Apalagi kalau hidup kita udah kayak drama. Mantaplah buat ditulis. Etapi yakin kisah kita seseru itu? Atau cuman pendapat kita aja sebagai pelakunya. Apa bener orang yang baca akan menganggap kisah pribadi kita itu menarik? Atau justru malah bosan sampai ketiduran membacanya.

Menuliskan kisah nyata kita dalam bentuk buku cerita novel atau cerpen bukan hal nista kok. Kalau kamu ngerasa hidupmu penuh dengan konflik, lebih drama dari drama, tulis aja! Kalau malu dan gak mau ketahuan itu curhat colongan, bisa kita samarkan banyak hal dalam tulisannya. Bagaimana cara membuat buku cerita novel berdasarkan pengalamn pribadi?

https://tamanbermaindropdeadfred.wordpress.com/2013/02/02/5-kesalahan-penulis-yang-menuliskan-kisah-pribadinya/

This Is The Oldest Page