Cara Menjelaskan Latar dalam Cerita

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Pengertian Latar, Jenis - Jenis dan Contoh Latar, dan Contoh Cerita Rakyat Terbaru - Kalian tentu pernah mendengar atau membaca sebuah cerita. Di setiap cerita yang kalian dengar atau baca tersebut pasti ada latarnya baik itu latar tempat, latar waktu, dan latar suasana. Sebenarnya apa sih pengertian latar itu ? Bagaimana jenis dan contoh latar dalam sebuah cerita ? dan bagaimana contoh cerita rakyat ? Pada kesempatan ini saya akan memberikan Pengertian Latar, Jenis - Jenis dan Contoh Latar, dan Contoh Cerita Rakyat Terbaru.

Latar/setting adalah penggambaran mengenai waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa-peristiwa dalam cerita. Tokoh-tokoh dalam cerita hidup pada tempat dan waktu (masa) tertentu. Oleh karena itu peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh-tokoh cerita terjadi pada waktu dan tempat tertentu pula.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Jadi, di mana peristiwa itu terjadi dan kapan terjadinya disebut latar/setting. Latar yang dirujuk dalam sebuah cerita bisa merupakan sesuatu yang faktual atau bisa pula bersifat imajiner.

Setting atau latar merupakan salah satu dari tiga bagian utama sebuah cerita, bersama karakter dan plot. Latar adalah lokasi dan waktu di mana cerita Anda berlangsung. Latar berfungsi meningkatkan dan mendukung plot serta karakter, membantu mengungkap dan mendorong lebih jauh tujuan serta tema yang diusung cerita.

Pengertian Latar, Fungsi, Macam-Macam Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Latar. Yang meliputi pengertian, fungsi, macam-macam latar dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Menjadi apresiator yang baik memang membutuhkan bekal. Seorang penikmat karya sastra, khususnya prosa seperti cerita pendek, novel, drama, dan sebagainya, perlu mengetahui unsurunsur pembentuk atau pembangun sebuah karya cerita.

Pengetahuan yang cukup memadai tentang unsur-unsur instrinsik cerita akan memudahkan kita memberikan penghargaan terhadap sebuah karya. Itulah kegiatan apresiasi yang sesungguhnya.

Fungsi setting dalam karya tidak bisa dilepaskan dalam masalah yang lain seperti tema, tokoh bahasa, medium sastra yang dipakai dan persoalan-persoalan yang muncul yang kesemuanya merupakan satu bagian yang tidak terpisahkan. Dalam hal tertentu setting harus mampu membentuk tema dan plot tertentu yang dalam dimensinya terkait dengan tempat, waktu daerah dan orang-orang tertentu dengan watak-watak tertentu akibat situasi lingkungan atau zamannya, cara hidup dan cara berfikir.

Macam-macam latar

Jenis atau macam-macam latar diantaranya sebagai berikut ini:

1.Latar waktu

Yaitu saat dimana tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Seperti misalnya: Pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dulu, dimasa depan, dan lain sebagainya.

2. Latar tempat

Yaitu dimana tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: Didalam bangunan tua, di sebuah gedung, di lautan, didalam hutan, di sekolah, di sebuah pesawat, di ruang angkasa, dan lain sebagainya.
pengertian latar

3. Latar suasana

Yaitu situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku malakukan sesuatu. Seperti misanya: saat galau, gembira, lelah, dan lain sebagainya.

4. Latar alat

Yaitu peralatan apa saja yang diperlukan atau dipakai si pelaku dalam suatu cerita. Seperti misalnya: Tombak, pistol, pedang, buku, pulpen, dan lain sebagainya.

https://www.sridianti.com/pengertian-latar-setting-dan-jenisnya.html
https://id.wikihow.com/Menjelaskan-Latar-dalam-Cerita
https://punyablo.blogspot.com/2016/05/pengertian-latar-jenis-jenis-dan-contoh.html
https://www.sepengetahuan.co.id/2018/05/pengertian-latar-fungsi-macam-macam.html
https://maselly2000.wordpress.com/bhs-indonesia-ix/pelajaran-3/menemukan-tema-latar-dan-penokohan-cerita-pendek/
http://artikel-pendidikan-sosial-ilmiah.blogspot.com/2017/07/pengertian-setting-latar-jenisnya.html
http://www.pengertianku.net/2015/04/pengertian-latar-dan-macamnya.html

1 Komentar so far