Apa Motivasi Anda Menulis Makalah

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Ada penulis dengan motivasi untuk mendapatkan “Kum Faya Kum”. Ini banyak. Menulis dengan tujuan mencari jurnal dengan impact Factor, perangkingan Q1,2,3,4, atau perangkingan CiteScore Scopus, WoS yang demikian juga banyak.

Pemanfaatan media blog dapat digunakan berbeda – beda oleh setiap orang. Olehkarena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui motivasi menulis dikalangan mahasiswa terutama kaitannya dengan aktivitas blogging yang menghasilkan karya berupa tulisan yang diposting serta pengaruhnya. Teori yang menjadi landasan penelitian ini adalah teori Uses And Grafication, blog berkaitan dengan bagaimana individu menggunakan dan memanfaatkan sesuai dengan motivasi yang terbentuk diperkuat pula oleh teori motivasi ERG, dan teori aktivitas atau Cultural Activity Theory.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya


Apakah kamu pernah meninggalkan blogmu karena motivasi menulis hilang begitu saja? Atau malah kamu sedang berada di fase tersebut dan bingung bagaimana harus menyikapinya? Fase menurunnya motivasi memang lumrah terjadi pada semua penulis kreatif. Itu pula sebabnya ada banyak blog yang terabaikan oleh pemiliknya. Blog yang tadinya ramai pengunjung, pelan-pelan mulai ditinggalkan.

Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan tulisan, semua hal yang kita pikirkan maupun yang kita inginkan menjadi kenyataan. Dengan tulisan, kita dapat membantu ataupun menghibur orang lain. Sangat besar bermanfaat dari menulis. Bahkan, dosen saya pernah berkata, “Orang jenius, bisa dilihat dari tulisannya.” Namun, menulis adalah kegiatan yang membosankan. Maka dari itu, perlu motivasi diri agar tetap Semangat menulis. Motivasi yang diperlukan bukan yang muluk-muluk, sampai harus ke kuburan minta petunjuk.

Alasan kenapa saya membuat tema motivasi dikarenakan banyak sekali penulis yang mengeluhkan pekerjaan nya sebagai penulis. Ada yang bilang menulis itu cape, tidak ada hasil yang memuaskan, ada juga yang bilang buang buang waktu. Nah oleh sebab itulah mengapa saya membuat suatu tema tentang motivasi dalam menulis.

Ada Sekitar 9 Motivasi yang harus kamu ketahui, agar semangat kamu dalam menulis tidak luntur atau bahkan hilang. Dapat saya rincikan sebagai berikut.

1. Penulis yang Baik Adalah Dengan Tidak Berhenti Menulis
2. Semua penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi sepanjang masa, Kutipan dari (Ali bin Abi Thalib)
3. Orang Boleh Pandai Setinggi Langit, Tapi Selama Ia Tidak Menulis Ia Tidak Berguna, Kutipan by (Pramoedya Ananta Toer)
4. Kalau Kamu Bukan Anak Raja, Maka Jadilah Penulis (Imam Gazali)
5. Ilmu Bagaikan Binatang Buruan, dan Tali Pengikatnya Adalah Dengan Menulis, kutipan by (Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i)
6. Jangan Pernah Menyakiti Hati Penulis Jika Tidak Ingin Masuk Dalam Karyanya

7. Sesuatu Akan Bertahan Lebih Lama Saat Diwariskan Lewat Buku
8. Buku Harus Dijadikan Kapak Untuk Mencairkan Lautan Beku Dalam Diri, (Franz Kafka)
9. Penulis Yang Baik Bukan Orang Yang Menciptakan Banyak Karya, Tetapi Membuat Suatu Karya Yang Berguna Bagi Penikmatnya


https://amru.id/motivasi-diri-semangat-menulis/
https://www.c2live.com/motivasi-menulis-blog/
http://digilib.uinsgd.ac.id/370/
http://www.jurnalindonesia.org/apa-motivasi-anda-menulis-makalah/
https://www.bernas.id/56335-8-motivasi-ini-akan-membuat-kamu-semangat-dalam-menulis-poin-nomor-4-menyenangkan.html
http://wap.unikom.ac.id/berita/id/113/Kembalikan-Motivasi-Menulis-Generasi-Muda-Melalui-LENTERA-ILUSI.html
https://belapendidikan.com/beberapa-motivasi-agar-menulis-tak-luntur/