Cara Menulis Esai yang Bagus

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Terkadang, Anda harus bisa menulis esai yang bagus dalam waktu singkat untuk suatu ujian yang waktunya dibatasi seperti Ujian Akhir Nasional. Selain itu, Anda juga mungkin mendapati tenggat untuk sebuah tugas esai sudah sangat dekat dan Anda harus menulisnya secepat mungkin. Walaupun sebuah esai yang ditulis pada detik-detik terakhir tidak akan sama bagusnya dengan esai yang dikerjakan secara perlahan dan berhati-hati, Anda tetap dapat menulis sebuah esai yang cukup bagus dalam waktu singkat.

Menurut bahasa, esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. (KBBI). Sebagai kata kerja (verb), essay artinya mencoba, berusaha. We essayed a crossing of the river without success; Kami mencoba menyeberangi sungai itu tanpa hasil.

Baca: Apa Motivasi Anda Menulis Makalah

Selama kuliah, Anda biasanya akan diminta menulis esai. Anda mungkin diminta mengerjakan esai untuk tugas di kelas, mengikuti lomba menulis, atau menulis esai supaya diterima di universitas. Artikel ini akan membantu Anda memahami proses menulis dan revisi untuk segala jenis esai. Selanjutnya, Anda akan dapat mempelajari cara menulis esai naratif, persuatif, dan eksposisi.

Untuk bisa menulis sebuah esai argumentatif yang mengesankan dan bisa mendapatkan nilai yang bagus, maka pertama-tama kamu harus memahami terlebih dahulu: apakah esai argumentatif itu?

1. Tulisan dimana kamu bisa mengutarakan pendapatmu tentang suatu masalah
2. Tulisan dimana kamu bisa menyajikan fakta-fakta untuk mendukung pendapatmu
3. Tulisan dimana kamu juga harus membahas argumen pihak yang berlawanan

Contoh Essay – Apakah kamu suka menulis? Jika iya dimanakah biasanya kamu menyalurkan ide tulisanmu? Sebenarnya banyak sekali media yang bisa dijadikan untuk menampung ide dalam bentuk tulisan. Nah, pada artikel kali ini masih ada kaitannya dengan bakat menulis tadi, yaitu menulis esai. Saya rasa ini adalaha cara paling elegan untuk menyalurkan hobi menulis kamu.

Jadi, yang perlu kalian pahami dalam membuat esai, adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tentukan topik.

Pikirkan terlebih dahulu tipe naskah yang akan ditulis. Apakah berupa tinjauan umum, atau analisis topik secara khusus? Jika hanya merupakan tinjauan umum, maka langsung menuju ke langkah berikutnya. Tapi jika ingin melakukan analisis khusus, topik harus benar-benar spesifik. Jika topik masih terlalu umum, kita harus memepersempit lagi topiknya.

2. Buatlah outline atau garis besar ide-ide yang akan dibuat.

3. Tuliskan esai dalam kalimat yang singkat dan jelas.

Suatu pernyataan esai mencerminkan isi esai dan poin penting yang akan disampaikan oleh pengarangnya. Pernyataan esai terdiri dari dua bagian:

4. Tuliskan tubuh esai.
5. Buatlah dengan menarik perhatian pembaca.
6. Tuliskan kesimpulan
7. Berikan sentuhan terakhir

Menurut kbbi.web.id, esai diartikan sebagai suatu karangan yang membahas suatu masalah secara sepintas lalu dari sudut pandang penulisnya. Esai sendiri termasuk ke dalam salah satu diantara jenis-jenis prosa baru selain macam-macam cerpen, jenis-jenis roman, jenis-jenis drama, dan jenis-jenis novel. Selain sebagai prosa baru, esai juga dapat digolongkan sebagai salah satu diantara jenis-jenis karangan semi ilmiah.

http://romeltea.com/pengertian-dan-teknik-menulis-esai/
https://dosenbahasa.com/cara-membuat-esai-yang-benar
https://blog.ruangguru.com/langkah-langkah-penting-dalam-membuat-esai
https://www.bagi-in.com/contoh-essay/
https://id.wikihow.com/Menulis-Esai-yang-Bagus-dalam-Waktu-Singkat
https://id.wikihow.com/Menulis-Esai
https://www.ef.co.id/englishfirst/efblog/reading-and-writing/tips-menulis/tips-menulis-esai-argumentatif/