Cara Menemukan Ide Menulis Kreatif

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Kreatifitas dalam menulis membuat hasil tulisan terlihat lebih berwarna dan disukai oleh banyak orang. Cerita yang kreatif akan membangun daya tarik tersendiri bagi pembaca untuk terus mengikuti perkembangan tulisan yang anda buat. Ide atau gagasan untuk membuat tulisan kreatif bisa muncul dari mana saja.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Setiap orang punya gaya sendiri dalam menulis. Andrea Hirata dan Ahmad Fuadi misalnya, mereka punya gaya tersendiri dalam menulis novelnya. Setiap penulis pastilah memiliki gaya menulis yang merupakan ciri khasnya masing masing. Tak heran bila menulis kreatif itu sangat diajurkan dalam ilmu kepenulisan. Baik menulis dalam bentuk fiksi ataupun non fiksi.

Menulis kreatif dan dipublikasikan melalui media yang ada akan mendatangkan kepuasan batin. Ada nilai aktualisasi diri, kebanggaan dan kepercayaan diri yang diperoleh guru dari kegiatan menulis kreatif. Mungkin kepuasan batin ini lebih penting dari manfaat yang diuraikan di atas.

Menulis kreatif bagi guru, diyakini tidak hanya sebatas 5 manfaat yang diuraikan di atas. Masing-masing guru akan memperoleh manfaat yang lebih banyak dan lebih luas.

Berpikir kreatif berarti berani menciptakan sesuatu yang belum pernah dibuat sebelumnya dengan mengerahkan kekuatan daya imajinasi kita. Proses menciptakan sesuatu berarti melontarkan pertanyaan-pertanyaan, menyelami keraguan dan akhirnya menemukan pemecahan yang kreatif. Aktivitas menulis mendorong kita untuk berpikir kreatif dalam menjawab pertanyaan dan menemukan pertanyaan baru untuk ditanyakan. Dengan membiasakan diri berkecimpung dalam dunia ini, penulis pun akan terbiasa menikmati saat-saat bermain dengan huruf yang menciptakan kata, kata yang menciptakan kalimat, kalimat yang menciptakan paragraf, dan paragraf yang menciptakan makna.

JANGAN malas. Kamu pasti setuju bahwa aturan itu tidak hanya bagus untuk diterapkan di dunia tulis-menulis. Begitulah. Atau, jangan-jangan, kamu sudah mencetak poster dengan tulisan klise semacam itu dan menempelnya di dinding kamarmu. Jika ingin menjadi ahli matematika atau penulis, kamu harus tekun dan tidak bergantung kepada hal-hal yang bisa membuatmu malas dan tidak kreatif.

Baiklah, meskipun ini catatan ihwal menulis kreatif—karena saya lebih senang menulis ketimbang menghitung—saya ingin mengajakmu untuk kembali belajar cara berhitung di luar kepala. Saya percaya bahwa menulis kreatif sama dengan memecahkan soal matematika tanpa menggunakan kalkulator.

Menulis kreatif berbeda dengan penulisan kreatif. Kalau menulis kreatif adalah aktivitas yang merupakan proses terus- menerus sehingga menjadi sebuah keterampilan. Sedangkan penulisan kreatif lebih berorientasi pada hasil karya yang sudah jadi. Misalnya novel, puisi, cerpen, naskah drama, dan sebagainya.

Langkah-Langkah Menulis Kreatif Cerita Pendek

Langkah pertama adalah persiapan menulis.

Langkah kedua adalah struktur cerita atau bagian-bagian cerita, yang secara umum dibedakan menjadi: (1) bagian pembukaan atau opening, (2) bagian inti cerita, dan (3) penutup atau ending.

Langkah ketiga adalah pembentukan karakter.

Langkah keempat adalah proses menulis, terdiri atas (1) mulai menulis, (2) editing pribadi atau proses mengedit, dan (3) menentukan judul.

Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah menulis kreatif yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap inkubasi, (3) tahap inspirasi, (4) tahap penulisan, dan (5) merevisi atau menyunting.

Tentang Menulis Sejarah

https://steemit.com/indonesia/@yellsaints24/berbagi-ilmu-tetang-menulis-kreatif
http://odazzander.blogspot.com/2011/09/langkah-langkah-menulis-kreatif-cerita.html
http://revi.us/menulis-kreatif-seperti-memecahkan-soal-matematika-tanpa-kalkulator/
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2017/09/24/319806/menulis-kreatif-di-era-digital/
http://www.laodemunafar.com/5-cara-menemukan-ide-menulis-kreatif
http://wijayalabs.com/2012/03/20/bagaimana-caranya-menulis-kreatif/
https://www.matrapendidikan.com/2015/11/manfaat-menulis-kreatif-bagi-guru.html