Cara Menulis Karya Ilmiah

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Dalam menulis karya ilmiah ada hal pokok yang mendasar agar sebuah karya ilmiah itu bagus, dapat dipercaya dan akurat. Maka seorang penulis karya ilmiah harus rajin membaca dan mengkaji suatu disiplin ilmu. Kemudian juga seorang penulis karya ilmiah mesti bersabar dalam mengkaji dan meneliti suatu sumber masalah yang nantinya akan dituangkan di dalam suatu bentuk tulisan ilmiah. Sehingga pembaca menikmati informasi dan data terpercaya dari penulisan karya ilmiah tersebut.

Tentang Menulis Sejarah

Bagi Mahasiswa yang sudah terbiasa menulis program, menulis karya ilmiah bukanlah sesuatu yang sederhana. Hal itu yang Saya rasakan juga beberapa tahun kebelakang. Saat menulis program Saya dapat dengan mudah mencari tutorial, membuat program, execute dan mendapatkan hasilnya "sukses atau error". Tetapi untuk menulis karya ilmiah, sejak awal Saya tidak mengerti apa yang harus Saya ketik, "apakah sudah benar atau salah ?", dan lain sebagainya. Tetapi itulah tujuan belajar, berubah dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa membutuhkan proses.

Karya ilmiah (bahasa Inggris: scientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.

Mahasiswa memiliki ruang di setiap semester untuk menulis karya ilmiah. Karya ilmiah sering menjadi masalah tersendiri bagi mahasiswa. Permasalahannya bukan pada sedikit-banyaknya tugas menulis yang diberikan oleh dosennya, melainkan bagaimana tatacara penulisannya yang baik dan benar. Diantara karya ilmiah yang mereka harus tulis selama perkuliahan diantaranya, makalah, proposal penelitian, proposal skripsi, laporan penelitian dan sebagainya.

Penulisan karya ilmiah memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Dari sebuah karya ilmiah, lahir berbagai konsep teori, ide, gagasan, dan karya intelektual lainnya. Di perguruan tinggi, kegiatan menulis karya ilmiah merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan akademik seorang mahasiswa. Berbagai bentuk tulisan akademik menjadi hal yang perlu dipahami mengingat karya tulis yang dibuat menjadi refleksi pemahaman dari setiap bidang ilmu yang dipelajarinya.

Sebelum menulis ilmiah, perlu diketahui peraturan-peraturan tertulis dan tidak tertulis dari penerbit jurnal yang dituju. Tiap penerbit memiliki peraturan yang berbeda-beda. “Dengan memperhatikan peraturan, kita juga akan memperhatikan etika. Jika karya ilmiah anda ditolak, maka balaslah dengan baik. Jangan menyalahkan editor dan reviewer,” jelas pria yang telah meriview lebih dari 50 jurnal tersebut.

Berikut kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi:

1. Tidak memerhatikan struktur karya tulis.
2. Kurang memerhatikan penulisan sesuai dengan EBI (Ejaan Bahasa Indonesia)
3. Mengurangi kesalahan ketik (typo)
4. Sinkronisasi antara sitasi yang ada di uraian teks dengan yang ada di daftar pustaka

Berbeda dengan buku pedoman karya ilmiah lainnya, buku ini ditulis dengan memakai bahasa yang ringan dan reflektif—tidak akademis. Ringan berarti pemilihan katanya dimaksudkan seakan-akan bahasa lisan, sedang berdialog dengan mahasiswa. Reflektif maksudnya, bahasa dan kalimatnya ditulis mengalir begitu saja, tanpa pertimbangan bahasa yang ilmiah—ini terkesan anomali, karena buku ini tentang karya ilmiah, tetapi biarlah yang ilmiah-ilmiah bisa diperoleh pembaca di buku-buku yang lain. Maka, buku ini dimaksudkan semata sebagai buku petunjuk praktis (tips) menulis karya ilmiah. Di dalamnya semacam trik-trik atau tips-tips menyusun Proposal dan skripsi/tesis/ disertasi. Dijelaskan juga masalah-masalah internal dan eksternal mahasiswa saat menulis karya ilmiah

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

https://berkahkhair.com/cara-menulis-karya-ilmiah/
https://www.codepolitan.com/3-langkah-untuk-mahasiswa-dalam-menulis-karya-ilmiah-5a02a0bae8671
https://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah
https://www.kompasiana.com/kangimang/5520ee3d8133110f7719f832/konsep-dasar-menulis-karya-ilmiah
http://aksara-timur.or.id/sky-diving/
https://www.its.ac.id/news/2018/10/02/enam-hal-penting-dalam-menulis-karya-ilmiah/
https://typoonline.com/blog/hal-yang-perlu-diperhatikan-dalam-menulis-karya-ilmiah/
http://prenadamedia.com/shop/tips-menulis-karya-ilmiah/
https://figshare.com/articles/Teknik_Menulis_Karya_Ilmiah_Langkah_1_/6372836