Buku Menulis Karya Ilmiah

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Sekalipun telah terbit sejumlah buku panduan menulis karya tulis ilmiah dalam konteks Indonesia, buku panduan yang secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah di bidang ilmu sosial masih kurang memadai. Di lain pihak, menuangkan gagasan ilmiah secara tertulis bukanlah hal yang mudah. bertolak dari masalah tersebut, buku ini terbit untuk memperkaya khazanah pustaka tentang panduan dalam mempersiapkan, menulis dan mencermati karya tulis ilmiah sosial

Baca: Pelatihan Menulis Kreatif


Kemampuan menulis karya ilmiah menjadi sangat penting sebagai wujud pemahaman kita tentang permasalahan atau kajian ilmu yang kita pelajari. Melalui penulisan karya ilmiah, berbagai konsep, teori atau gagasan baru lahir dan dapat dikaji kembali secara ilmiah. Hal ini sekaligus sebagai penanda semakin berkembangnya ilmu yang dipelajari.

Karya Ilmiah adalah karya tulis yang disusun oleh seorang penulis berdasarkan hasil-hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukannya. Karya ilmiah juga biasa disebut karangan ilmiah. Menurut Brotowidjoyo karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar.

Sebenarnya karya tulis ilmiah ialah sebuah karya yang merupakan laporan maupun tulisan dengan menjabarkan hasil penelitian atau riset dari sebuah masalah. Sedangkan penelitian yang dilakukan bisa berupa kelompok maupun individu. Namun dalam meneliti juga harus mematuhi aturan aturan serta kaidah ilmu yang sudah disepakati & ditaati kalangan keilmuan.

Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah

Buku ini tidak hanya menguraikan bagaimana menulis karya tulis, tetapi juga men­jelaskan bagaimana menyiapkan karya tulis yang memenuhi standar nasional dan internasional. Tekanannya bukan saja pada syarat yang teknis, tetapi juga pada kon­sep yang mendasar.Dengan satu buku ini saja Anda sudah mempunyai pedoman dasar untuk menulis segala jenis karya ilmiah, termasuk untuk menulis buku, kamus, dan entri ensik­lopedia sekalipun. Oleh karena itu, buku ini akan sangat berguna bagi seorang pe­mula serta bagi mereka yang memerlukan penyegaran atau pemahiran kemampuan menulis.

Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah

Dasar dari penulisan karya tulis ilmiah adalah rasa ingin tahu memecahkan sebuah permasalahan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan serta disusun secara sistematis dan metodologis. “Dampak dari menulis karya tulis ilmiah salah satunya membentuk pemikiran yang kreatif, kritis, dan sistematis.

Ada beberapa hal mengenai ciri ciri karya ilmiah itu sendiri. Diantaranya sebagai berikut :

1. Struktur Sajian

Untuk struktur karya ilmiah sendiri cukup ketat, dan biasanya terdiri dari bagian awal (pendahuluan), bagian inti (Pembahasan), dan Penutup.

2. Komponen dan Substansi

Ada beberapa variasi komponen karya ilmiah yang mesti sesuai jenis karya ilmiah sendiri. Tapi semua karya ilmiah mengandung pendahuluan, pembahasan, penutup, dan daftar pustaka. Artikel mengenai karya ilmiah dalam jurnal mempersyarakatkan adanya abstrak.
3. Sikap Penulis

Sidap penulis karya ilmiah merupakan objektif, dengan penyampaian gaya bahasanya impersonal. Penggunaannya yang bentuk pasif tanpa menggunakan kata ganti orang pertama maupun kedua.
4. Penggunaan Bahasa

Dalam pembuatan karya ilmiah menggunakan bahasa yang baku dengan pilihan kata / istilah, dan kalimat-kalimat yang efektiv dengan struktur yang baku.


http://insantama.sch.id/tiga-hari-berjamaah-menulis-karya-ilmiah/
https://kompas.id/gerai/belanja/buku/panduan-praktis-penulisan-karya-ilmiah/
https://pakarkomunikasi.com/teknik-penulisan-karya-ilmiah
http://obor.or.id/karya%20tulis%20ilmiah%20sosial:%20menyiapkan,%20menulis,%20dan%20mencermatinya%20(cetak%20ulang%20ke-3)
https://news.okezone.com/read/2012/02/10/373/573590/mendikbud-menulis-karya-ilmiah-itu-penting
https://prezi.com/rrqlk4x_xm5h/menulis-karya-ilmiah/
https://dentmasoci.com/karya-ilmiah/