Jenis Tulisan yang Perlu Anda Ketahui

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Semua orang senang untuk menulis walaupun hanya ditulis pada selembar kertas saja untuk menulis surat. Dan kegiatan menulis ini sudah berlangsung sangat lama sejak dahulu kala. Meskipun bentuk tulisan yang berbeda lebih mengarah pada simbol-simbol untuk dituliskan.

Dalam menulis pun terdapat berbagai macam jenis tulisan sehingga isi yang didalamnya pun berbeda satu sama lain baik cara penulisan maupun maksud dari setiap jenis tulisan tersebut.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Berikut ini 10 jenis tulisan yang Anda dapat ketahui:

Tulisan Biografi

Emang banyak yang harus kamu lakukan sebelum menulis riwayat hidup seseorang. Kamu harus mendapatkan informasi cukup soal subjek kamu, cari tahu apa udah ada tulisan tentang dirinya di pasaran, menentukan gaya bahasa yang pas buat pembaca kamu, dan yang paling penting, apa yang membuat kamu tertarik dengan subjek kamu sehingga ia pantas untuk dibuatkan biografi.

Tulisan Resensi Buku

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah resensi? Atau bahkan kamu pernah diminta guru untuk meresensi isi buku favorit kamu di kelas? Masih banyak yang belum mengenali apa itu resensi dan bagaimana cara membuat resensi yang baik. Nah, kali ini kita akan belajar tentang unsur-unsur resensi serta bagaimana cara membuatnya. Yuk, kita mulai.

Resensi adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”.

Tulisan Fiksi

Karya sastra merupaan produk sastra yang berwujud dan dapat dinikmati baik dilihat maupun dibaca oleh audience atau pembaca. Karya juga dikenal dengan (literature), sedangkan proses atau pembelajaran sastra disebut (literary study). Karya sastra dibagi menjadi dua yaitu karya sastra fiksi (imaginatif) dan non fiksi (non - imaginatif). Sastra fiksi adalah fiction literature of power antara lain: puisi, drama, dan prosa. Sastra non-fiksi adalah non-fiction literature of knowledge antara lain: Memoar, biografi, autobiografi, esai, dan kritik.

Menulis Buku Harian

Buku harian atau diary bisa diartikan sebagai sebuah jurnal yang merekam semua kejadian yang ada dalam kehidupan sehari-hari jika kita menuliskannya. Menulis Buku Harian Membuat Hidup Kita Lebih Baik. Menulis diary memang kebanyakan dibuat oleh gadis remaja. Namun sebenarnya bukan hanya itu, setiap orang bisa menuliskannya dan tentu saja menulis diary dapat membantu kita meringankan stress. Selain itu, menulis diary juga merupakan cara yang efektif untuk merencanakan hal-hal yang ingin di lakukan di masa depan dan dapat menjadi media untuk mengevaluasi atas semua kejadian-kejadian baik ataupun buruk yang telah terjadi.

Cara Menulis Daftar Pustaka Buku

https://blog.ruangguru.com/cara-membuat-resensi-buku
https://haho.co.id/media/tutorial/creative-writer/tips-menulis-biografi/
https://www.linguistikid.com/2016/05/jenis-karya-sastra-fiksi-non-fiksi.html
http://theunlearn.com/blog/4-alasan-mengapa-menulis-buku-harian-membuat-hidup-kita-lebih-baik/