Cara Menerbitkan Buku bagi Penulis

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Sekitar tahun 2008, pada waktu itu saya sedang berjalan – jalan di sebuah toko buku di Jakarta. Mata saya tertuju pada sebuah buku humor best – seller dengan judul ‘Kambing Jantan’. Saya mengambil sebuah buku yang sudah terbuka, dan menyadari bahwa dari gaya tulisannya buku ini diangkat dari sebuah blog personal dari seseorang bernama Raditya Dika.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Banyak penulis pemula yang merasa kurang percaya diri untuk mengirimkan naskahnya pada penerbit maupun media. Padahal, tak jarang di antara penulis tersebut yang memiliki naskah menarik. Untuk itu, penulis sekaligus konsultan penerbitan, Ali Muakhir berbagi pengalamannya seputar menerbitkan buku di gelaran Bandung Creative Writers Festival di Padepokan Mayang Sunda, Minggu (30/9/2018).

1. Menulis Genre Baru
2. Mengemas Naskah dengan Menarik
3. Mengenali Karakter Media / Penerbit
4. Melakukan Riset

Menerbitkan buku lewat jalur mandiri jelas berbeda dengan mekanisme penerbitan komersial. Terutama dalam hal pendanaan. Pada penerbitan mandiri, penulis diharuskan mengeluarkan ongkos cetak sesuai jumlah eksemplar. Salah satu pendiri Indie Book Corner Anindra Saraswati, 26 tahun, mengatakan besaran biaya sangat tergantung pada jumlah cetakan buku dan jasa yang diberikan.

Wattpad

Siapa yang nggak kenal platform penerbitan buku online ini? Nggak cuma dikenal di Indonesia, Wattpad juga digunakan oleh penulis di seluruh dunia. Seperti benar-benar menerbitkan buku, di sini kita bisa mengedit cover sendiri, menambahkan chapter, sampai mendapatkan vote serta komentar dari pembaca. Nggak heran kalau penulis Wattpad bisa mendapat penggemar loyal.

Sukses di dunia hiburan, para seleb ini juga sukses menerbitkan buku. Meski bukan ranahnya, buku-buku para selebriti ini laku di pasaran. Berbagai macam yang dibuat para selebriti ini yakni mulai dari novel, buku kumpulan puisi, buku perjalanan hidup, hingga buku resep masakan.

Mau membuat buku? Baca ini

Royalti atau jual putus?

Biasanya, jual putus dipakai untuk buku yang isinya kumpulan cerpen keroyokan (penulisnya banyak). Penulis akan dibayar sejumlah tertentu sesuai kesepakatan di awal (jumlahnya bisa nego, tapi kadang penerbit enggak mau naikin. hahaha), dan tidak peduli apakah bukumu laku atau enggak, kamu tidak akan mendapatkan apa pun lagi dari penjualan buku tersebut–kecuali jadi terkenal, mungkin, kalau bukunya laku banget.

Apakah naskah terjemahan bisa diajukan?

Kami akan berhati-hati dalam menerbitkan naskah terjemahan yang diajukan oleh penerjemah. Naskah terjemahan yang memiliki copyright/hak cipta tentu harus diselesaikan perijinannya terlebih dahulu. Kebanyakan penerbit asing akan menetapkan biaya ijin penerjemahan yang relatif tinggi. Untuk ini harus dibicarakan secara lebih matang oleh penerjemah dan tim redaksi Penerbit Garudhawaca.

Mencetak buku lewat jalur indie memerlukan strategi dalam pemasaran sebab tidak mengandalkan distributor yang bertugas mengirimkan bukumu ke toko-toko buku. Dalam penerbitan indie, selesai dicetak, buku akan diserahkan kepadamu selaku penulis. Kamu sendiri yang harus memasarkannya.

Inilah keuntungan jika menerbitkan buku dalam bentuk ebook.

Produksi yang mudah dan cepat. Jika menerbitkan buku dalam bentuk fisik, proses produksinya cukup lama. Mengapa? Sebab di penerbit biasanya ada antrian naskah yang harus diterbitkan.

Nyaris tanpa biaya. Jika menerbitkan buku dalam bentuk fisik, jelas kita butuh modal yang tidak sedikit. Butuh biaya untuk mencetak buku tersebut, belum lagi biaya distribusinya.

Tidak perlu pusing urusan stok. Jika Anda hendak menjual tulisan Anda, Anda tidak perlu memusingkan ketersediaan buku. Kenapa? Sebab buku Anda dalam bentuk digital.

Langkah Pertama Cara Menulis Buku Bagi Pemula

brilio.net/news/ini-tips-bagi-kamu-yang-ingin-menerbitkan-buku-indie-160309r.html
arryrahmawan.net/menerbitkan-buku-best-seller-dari-sebuah-blog/
ayobandung.com/read/2018/09/30/38690/simak-ini-4-cara-menerbitkan-buku-bagi-penulis-baru
hot.detik.com/art/2467413/ini-besaran-biaya-terbitkan-buku-sendiri
zetizen.com/show/11945/kamu-bisa-kok-menerbitkan-buku-sendiri-lewat-platform-online
kumparan.com/seleb-sensation/10-selebriti-yang-sukses-menerbitkan-buku-1539929744012320833
jiaeffendie.wordpress.com/2017/09/13/5-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-membaca-kontrak-penerbitan/
penerbitgarudhawaca.com/cara-menerbitkan-buku/
keajaibanmenulis.com/blog/cara-jadi-penulis-menerbitkan-buku-dalam-bentuk-ebook/