Cara Menulis Sinopsis Buku Novel

Sinopsis buku merupakan ringkasan alur cerita atau konten buku. Agen pustaka atau penerbit sering kali mengharuskan para penulis untuk mengirimkan sinopsis karya yang mereka tulis. Memadatkan konten seluruh buku ke dalam beberapa paragraf atau halaman tentunya menjadi tantangan yang cukup sulit. Terlebih lagi, tidak ada satu cara khusus untuk menulis sinopsis yang baik. Meskipun demikian, Anda tetap dapat mengambil langkah-langkah tertentu untuk membuat sinopsis hebat yang dapat menarik perhatian para pembaca dan membuat mereka tidak sabar untuk membaca buku yang diresensikan.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

1. Buatlah Premis Dari Novel Yang Ingin Diresensi

Premis adalah hal terpenting. Inilah alasan seorang penulis membuat novel hingga ratusan lembar. Terkadang memang ada penulis yang merasa tidak perlu tahu apa premis novelnya, makanya novelnya menjadi tidak terlalu bagus, berantakan, seperti cerita dengan alurnya pergi jalan-jalan tanpa tujuan. Lama-lama hanya kebosanan dan kata-kata yang dikumpulkan.

2. Tekankan Konflik Dalam Novel

Konflik merupakan jembatan penting antara plot dan karakter. Setiap novel, tidak peduli genre apa pun harus mempunyai konflik. Banyak novel yang mempunyai lebih dari satu konflik. Anda dapat membangun lapisan konflik untuk membuat plot yang lebih menarik dan karakter yang lebih dinamis.

3. Tunjukkan perkembangan karakter

Sebisa mungkin, jangan buat karakter yang berlebihan. Misalnya, kalau jahat ya, jangan jahat banget, ngga ada baiknya sedikitpun. Sebaliknya, kalau dia baik, baik banget ngga pernah sedikitpun jahat. Carilah karakter yang natural, yang manusiawi. Yang bener-bener ada di sekeliling kita, orang ngga sepenuhnya baik dan ngga sepenuhnya jahat. Selalu ada celah mereka berbuat baik atau jahat.

4. Buatlah garis besar alur

Alur cerita mempunyai tiga jenis, yakni alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Masing-masing dari ketiganya mempunyai pola tahapan alur yang khas seperti yang sudah dijelaskan di atas. Adapun pembahasan jenis-jenis alur cerita dalam kesusasteraan Indonesia dicukupkan sampai di sini. Semoga bermanfaat dan mampu menambah wawasan para pembaca sekalian di ranah kesusasteraan maupun bahasa Indonesia. Sekian dan terima kasih.

5. Tuliskan dengan jelas akhir buku atau novel tersebut

Ending cerita memiliki peran penting untuk menjadikan cerita kita bagus, atau malah mengecewakan. Namun, untuk membuat ending yang mampu menutup cerita dengan baik sekaligus memuaskan hati pembaca ternyata cukup bikin keriting otak si penulis! Bagi yang menyukai kisah romance seperti saya, hampir bisa dipastikan bahwa ending cerita dari genre ini ditandai dengan akhir manis—atau happy ending—perjalanan si tokoh utama dengan pujaan hatinya.


Sumber:
https://id.wikihow.com/Menulis-Sinopsis-Buku
http://jasonabdul.blogspot.com/2014/01/belajar-menulis-novel-minggu-3-premis.html
https://ellenconny.com/2017/08/10/5-jenis-konflik-dalam-novel-fiksi/
https://beautyfee.wordpress.com/2013/03/26/pembentukan-karakter-pada-cerita-fiksi/
https://dosenbahasa.com/jenis-jenis-alur-cerita
http://www.blog.sittakarina.com/menentukan-ending-terbaik-untuk-cerita/

Alasan Kenapa Harus Menulis Buku

Membaca buku menjadi salah satu modal penulis besar. Dengan membaca, akan memperoleh banyak informasi, ide, gagasan, sudut pandang, dan hasil analisis yang lebih kritis. Sebagai modal utama menulis buku, buku yang dibaca bisa beragam. Tergantung minat masing-masing penulis. Berikut ini beberapa manfaat menulis buku.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

1. Menambah Wawasan

Selain menambah wawasan untuk pembaca, menulis buku juga bermanfaat untuk diri sendiri.

Dengan adanya kemajuan era digital di masa sekarang ini, tentu hal itu dapat membantu kita dalam mengembangkan wawasan dan juga meningkatkan kemajuan karier menuju tahap yang lebih baik. Segala macam ilmu sudah bisa kita dapatkan dari internet. Segala macam hal bisa kita komunikasikan melalui handphone. Pun juga segala macam hal bisa kita nikmati dari keberadaan era digital itu sendiri.

2. Memperkuat Daya Ingat

Menulis buku membantu untuk mengasah daya ingat. Seorang penulis, dituntut untuk rajin membaca referensi sana dan sini. Semakin banyak pengetahuan dan sudut pandang.

Ketika berusaha mengingat informasi baru, mudah bagi kita untuk berasumsi bahwa semakin banyak usaha untuk menghafal, semakin baik. Namun istirahat sesekali – tanpa melakukan apapun – mungkin hal yang Anda butuhkan. Jadi jangan mengerjakan tugas, mengecek ponsel, atau berselancar di internet. Anda perlu sungguh-sungguh memberi otak Anda kesempatan untuk 'mengisi daya' sampai penuh, tanpa gangguan.

3. Memperoleh Keuntungan Finansial

Nanti, suatu saat kalau kamu sudah terbiasa menulis, kamu akan berpikir bahwa suatu hari nanti kamu bisa meraup untung dari menulis blog sendiri. Saat ini semakin banyak platform menulis yang bukan hanya sebagai media untuk mengekspresikan pikiran dan seni, tapi juga untuk menghasilkan uang. Sebelum memutuskan untuk mengikuti jejak blogger sukses, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

4. Open Minded

Penulis bisa memiliki pemikiran open minded. Berpikiran terbuka akan mencegah pikiran buntu dan mampet. Berpikiran terbuka akan mencegah Anda dari berpikiran sempit. Anda bisa membayangkan, apa jadinya jika Anda selalu saja menolak buah pikir orang lain, menolak ide bawahan, atau bahkan menolak sesuatu yang orang pada umumnya menerima.

5. Disegani

Saat membaca, tertuma saat membaca buku menarik, secara alam bawah sadar, muncul rasa kagum terhadap penulis dan disegani. Itu sebabnya, dibelakang buku selalu disertai biografi singkat penulis. Fungsinya selain sebagai identitas penulis, juga upaya mengenal ke pembaca.

Banyak orang yakin uang dan harta benda bisa mendatangkan kebahagiaan. Katanya sih gitu. Tapi sejumlah penelitian menyatakan kalo yang sebenernya diinginkan orang adalah disegani dan disukai. Bener juga sih. Buat apa punya banyak uang tapi dicela dan dibenci sama orang-orang? Hehehe. Oke, balik lagi ke penelitian tadi. Ketika disegani dan disukai, seseorang jadi lebih bahagia. Gak cuma itu, perasaan disegani membantu menciptakan kedekatan dengan orang-orang di sekitar kamu.

Sumber:
https://penerbitdeepublish.com/alasan-menulis-buku-els/
https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-43206587
https://squline.com/tips-memperluas-wawasan-karir/
https://moola.id/post/hobi-menulis-begini-cara-jitu-menghasilkan-uang-dari-tulisan-1487057891
https://samsonasik.wordpress.com/2008/10/13/melatih-pikiran-terbuka/
https://psikologihore.com/agar-kamu-disegani/

Langkah Pertama Cara Menulis Buku Bagi Pemula

Tidak ada salahnya Anda mencari tahu tentang cara menulis yang baik bagi pemula, cara menulis buku pdf, cara menulis buku ilmiah, cara menulis buku novel, cara belajar menulis buku bagi pemula, metode penulisan buku, tips menulis yang baik. Namun, sebaiknya Anda harus mengetahui langkah pertama cara menulis buku bagi pemula.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Langkah pertama menjadi sangat penting untuk menentukan langkah menulis berikutnya. Menulis buku memang berat. Anda membutuhkan ancang-ancang yang tepat. seperti lomba lari, menulis juga membutuhkan ancang-ancang. Ketika anda fokus pada ancang-ancang persiapan menulis, bisa jadi penulisan yang anda latih mendapatkan kepuasan.

Berikut adlaah cara untuk menulis buku untuk pemula.

1. Perkuat Niat

Jika ingin memulai sesuatu pastinya diperlukan niat. Jika ingin memulai belajar, maka dibutuhkan niat. Jika ingin memulai bermain, dibutuhkan niat. Jika ingin memulai menjadi guru dibutuhkan niat. Begitu juga dengan jika ingin menulis dibutuhkan niat.

Niatlah awal dari sebuah keinginan. Jika ada niat, maka keinginan tersebut akan berjalan semestinya. Jika tidak ada niat, maka keinginan tersebut tidak akan berjalan semestinya. Bahkan, terkesan memaksa.

Apakah ada orang yang melakukan sesuatu bukan karena niat, alias terpaksa? Banyak sekali. Misalnya dia belajar keras belajar kimia, padahal dia tidak ada niat sedikitpun untuk belajar kimia. Dia belajar kimia hanya untuk menghadapi ujian saja. Makanya wajar, setelah ujian, semua pelajaran yang dia pelajari lupa tak bersisa.

Ada berbagai motivasi yang menyebabkan kita menulis: ingin terkenal, menyampaikan pesan tertentu, atau ingin menghibur. Tentu ada masing-masing keinginan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, kita tidak sedang ingin mendiskusikan satu persatu niat tersebut. Beberapa orang mencoba untuk menulis berita hingga pengalaman dan pengetahuan tertentu yang ia rasakan, atau mengulas tentang kehidupan orang lain. Apakah ini dinamakan niat? Bukan! Itu adalah ide yang menjadi 'bahan bakar' tulisan. Niat adalah tempat tujuan yang ingin kita sambangi.

2. Tulis, tulis, dan tulis

Jangan hanya mengumpulkan niat saja. Ambil alat menulis Anda (buku, jurnal, komputer) dan mulailah tulisan. Tulislah apa yang ada dibenak Anda. Kembangkan sesuai dengan imajinasi Anda.
Jangan takut kalau tulisan Anda banyak yang salah. berusahalah untuk tidak membacanya terlebih dahulu. Tulis, tulis, dan tulis hingga tulisan tersebut selesai seutuhnya. Jangan pikirkan kalau tulisan itu akan menjadi buruk atau baik.

Menulis adalah suatu aktivitas di mana kita menuangkan gagasan yang tadinya hanya berupa konsep maya yang bertransformasi menjadi konsep yang mempunyai bukti otentik. Menulis sendiri bukan berarti apa yang kita tulis haruslah bermanfaat buat orang lain, harus diterima oleh orang lain, dan harus bisa dijual seperti Raditya Dika, Dewi Lestari, dan lain-lain. Menulis berarti membuat pikiran kita yang tidak bisa terlalu mengingat lama jika itu memang bukanlah sebuah peristiwa yang bersejarah bagi kita. Namun, sayangnya apa yang kita lupakan tersebut, mungkin saja merupakan salah satu penopang peristiwa yang harusnya bersejarah bagi kita, namun tidak terjadi karena kita malah melupakannya.

3. Lakukan editing kecil-kecilan

Selanjutnya cara menulis buku bagi pemula adalah melakukan editing kecil-kecilan. Jangan memaksakan dulu untuk mengedit sesempurna mungkin. Lakukan dulu editing kecil-kecilan. Baca perlahan tulisan Anda, dan perbaiki kesalahan typo. Itu saja dulu. Jangan dulu membahas mengenai tanda baca.

Editing ini berfungsi sebagai pembelajaran bagi kita. Pembelajaran mengenai kesalahan yang dilakukan, memperbaikinya, dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Menemukan kesalahan dan memperbaikinya sendiri, tentu lebih baik daripada kesalahan tersebut ditemukan dan diperbaiki orang lain. Akan beda hasilnya, dan pembelajaran yang didapat juga berbeda.

Bukan hanya editor yang harus menguasai pengetahuan dan kemampuan edit naskah. Penulis pun perlu tahu dan bisa mengedit naskah. Karena naskah penulis, saat dikirimkan pada penerbit, editor di penerbit tersebut tentu akan melakukan penilaian awal tentang naskah tersebut. Jika di penilaian awal saja, editor tidak terkesan dengan naskah penulis, tentu kecil kemungkinan naskah tersebut diterima untuk diterbitkan di penerbit tersebut.

4. Berilah orang terdekat Anda untuk menilai

Jangan terlalu ambisius kalau tulisan pertama Anda bakal yang terbaik. Perasaan Anda memang mengatakan kalau tulisan Anda baik, namun hasilnya adalah orang lain yang membacanya.
Maka, langkah pertama cara menulis buku bagi pemula memberikan tulisan pertama Anda kepada orang terdekat. Baik itu kepada sahabat, orang tua, ataupun kekasih Anda. Biarkan mereka menilai tulisan Anda.

Baca: Cara Membuat Buku Cerita Bagus


Sumber:
https://amrudly.com/cara-menulis-buku-bagi-pemula/
http://www.literasi.net/2016/08/cara-mengedit-naskah-dengan-cepat-dan-tepat.html
https://www.qureta.com/post/menulis-menulis-dan-menulis
https://www.selasar.com/jurnal/4927/Menulis-Itu-Harus-Diawali-dengan-Niat

Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Banyak orang kesulitan membuat buku karena harus memenuhi aturan penulisan tertentu. Padahal, bila anda konsisten bisa menghasilkan tulisan yang bisa menyamai buku tebal. Terpenting anda memfokuskan menulis apa saja. hal ini yang dimaksud teknik apa-adanya. Memang, godaan ingin menghasilkan tulisan yang bagus pasti ada. Anda harus menyisiasati cara agar tidak mudah tergoda. Tentunya, teknik menulis apa adanya harus diimbangi pengembangan skill yang memadai.
Bagaimana cara membuat buku dengan teknik apa adanya? Anda bisa memulainya dengan langkah mudah. Kemudahan ini bisa mmebangunkan kemudahan dalam menulis berkualitas. Bayangkan anda tidak hanya bisa menulis tetapi juga mereview bukunya.

1. Menulis Apapun Sesering Mungkin

Berbeda kualitas antara jarang menulis dengan sering menulis. Jauh lebih bagus menulis rutin walaupun tidak pernah berkualitas daripada jarang menulis walaupun ada yang berkualitas. Tragisnya, sering menulis justru bisa meningkatkan kualitas penulisan. Jarang menulis bisa saja berkualitas dalam sisi isinya. Nah, ketika anda sering menulis untuk kepentingan membuat buku, anda bisa menambahkan kaulitas isi dengan banyak belajar dan mengamalkan

2. Belajar Untuk Fokus

Belajar cara membuat buku dengan teknik apa adanya adalah fokus. Bila apa adanya, anda tidak perlu melarak-lirik yang belum dituliskan sebelum pilihan jenis tulisan anda sudah dianggap matang. Atau, anda bisa memilih jenis tulisan lain demi kepentingan jenis tulisan yang sedang didalami.

Banyak penulis lebih suka menulis sesuai selera mood, menulis sesuai kondisi lingkungan atau lainnya. Akhirnya, kemampuan mereka menulis tidak mendalam. Mengapa? isi dari tulisannya memang tidak mendalam. Menulis bukan sekedar skill penulisan. Jadi, anda harus mengembangkan isi dengan fokus. Apalagi membuat buku, anda harus mementingkan fokus lebih kuat lagi. Fokus dalam belajar adalah cara membuat buku yang sudah diuji keberhasilannya.

3. Melakukan Pengamalan Penulisan

Semakin berpengalaman di tengah aktifitas menulis anda, tulisan akan semakin berkualitas. Hal ini sudah diamini banyak penulis ahli. Anda jangan sungkan menerapkan ilmu yang sudah dikuasai karena nanti bisa dimanfaatkan untuk membangun kualitas menulis.

Ingat, pengalaman dengan pengamalan berbeda. Maka dari itu, titik tekannya adalah pengamalan yang terus-menerus dilakukan sehingga membuahkan pengalaman. Cara membuat buku langkah apa adanya memang seperti ini.

4. Teruslah mencatatan aktifitas harian anda

Seperti yang sudah dijelaskan, menulis teknik apa adanya tidak perlu bagaimana dan seperti apa. Terpenting, anda menulis. Hanya saja, penulisan yang apa adanya bisa diimplementasikan dalam aktifitas menulis persoalan hidup anda. Langkah ini jauh lebih masuk akal dalam cara membbuat buku.

Mencatat aktifitas harian terkadar mengandung sesuatu yang bernilai. Bukan dikatakan terkadang. Tetapi memang sering mengandung sesuai yang bernilai. Aktiitas harian bukan sekedar fisik, melainkan pikiran. Biasanya, ada pikiran menarik yang terlewatkan. Mengapa terlewatkan karena mereka tidak mencatat aktifitas hariannya. Inilah cara membuat buku yang perlu anda terapkan.

5. Mengembangkan isi alias kualitas

Sesering apapun anda menulis bila tidak dilengkapi aktifitas pengembangan isi alias kaulitas sebuah tulian. Anda harus rajin membaca dan aktifitas pengembangan lainnya sebagai jalan meningkatkan kualitas.

Walaupun anda mementingkan fokus, anda harus mengembangkan materi pembahasan sebagai cabang pembangan. Anda harus rajin membaca banyak buku sebagai informasi yang mungkin diluar fokus. Cara seperti ini sebagai cara yang bagus untuk memperbaiki isi alias kualitas tulisan. Sering, keluar dari fokus bisa melengkapi kebutuhan yang difokuskan.

Cara Mudah Menulis Membuat Buku Cerita Anak

Menulis cerita anak membutuhkan imajinasi yang kuat dan kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang anak-anak. Anda mungkin perlu menulis cerita anak untuk keperluan kelas atau proyek pribadi. Untuk menulisnya, mulailah dengan melakukan curah pendapat mengenai topik yang dirasa menarik bagi anak-anak. Setelah itu, tulislah cerita dengan bagian pembuka yang memukau, gunakan alur yang kuat, dan cantumkan moral cerita. Pastikan Anda juga menyempurnakan cerita setelah selesai menulis draf agar cerita tersebut dapat menarik para pembaca muda.

Cara Membuat Buku Cerita Bagus

https://id.wikihow.com/Menulis-Cerita-Anak

Pertanyaannya, bagaimana mulai menulis cerita anak? Bagaimana memulai kata atau kalimat di awal paragraph? Semoga beberapa teknik yang saya dapat dari beberapa guru, baik itu belajar secara langsung maupun media sosial, cukup membantu untuk mulai menulis cerita anak. Kalau masih dirasa kesulitan, sila kirim pertanyaan. Dengan senang hati akan saya berikan tanggapan. Inilah beberapa teknik yang menurut saya memudahkan untuk memulai menulis cerita anak.

http://salehajuliandi.com/teknik-sederhana-menulis-cerita-anak/

CATATAN: Membuat buku cerita anak lebih mementingkan penggabungan dengan visual yakni gambar daripada kata-kata. Bahasa yang diberikan pun lebih dipahami anak-anak walaupun buku cerita anak yang membaca adalah ibunya. Apakah anda mau membuat buku cerita anak? Bila mau membuat buku cerita anak, anda bisa belajar lewat blog buatan saja

Jika tidak mengenal siapa-siapa di penerbit, apakah bisa jadi penulis buku anak? Jika ingin mengirim naskah buku anak ke penerbit, apakah boleh hanya teksnya saja atau harus sudah ada gambarnya? Apakah hasil dari menjadi penulis buku anak akan cukup untuk hidup? Ingin jadi penulis buku cerita anak tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Masih punya seratus lagi pertanyaan seputar jadi penulis buku anak tetapi bingung harus bertanya kepada siapa? Kamu sudah memegang buku yang tepat! Buku ini langkah demi langkah cara menjadi penulis buku anak. Dari cara mencari ide hingga cara membuat akhir cerita yang menyentuh. Dari cara mencari penerbit hingga cara menghadapi penolakan. Dari cara mengirim naskah hingga cara mempromosikan buku setelah terbit.

https://www.gramedia.com/products/belajar-menulis-cerita-anak

Balik lagi ke soal tips menulis cerita anak.
Jadi, buat kamu yang mau nyoba-nyoba nulis cerita anak, buruan dieksekusi. Jangan kelamaan mikir. Kamu kan pernah jadi anak-anak. Masa sih ga ada cerita yang seru dimasa kecilmu? Cerita yang sendu-sendu juga boleh. Tapi jangan lebay. Karena editor kurang suka sama cernak yang menampilkan kesedihan melulu. Kasih aura ceria, semangat, manfaat dan ending pesan moral yang baik kepada pembaca cilik kita.

http://rosimeilani.com/2015/03/20/tips-menulis-cerita-anak-bobo/

Mau coba dan tahu cara simpel membuat cerita anak? Yuk cekidot aja artikel lepas saya ini.

1. Lihat ide yang ada disekitar kita

Inilah yang membuat penulis repot bin ribet jika sudah menulis cerita anak (cerpen anak). Tidak tahu mau menulis tentang apa? Mau menulis cerita apa? Dan mengenai tema apa? Lagi-lagi kebingungan! Padahal ide ada disekeliling kita. Tidak percaya?

2. Membayangkan diri kita sebagai anak-anak

Memang sih kalau yang satu ini membuat kita harus mem-flashback-an perjalanan hidup kita. Khususnya perjalanan kita saat masa anak-anak. Bagaimana kehidupan masa itu. Entah, apa kita sering mencuri jambu air milik tetangga terus ketahuan lalu tak mengulangi lagi, sering mengumpeti pensil teman kelas saat lagi belajar lalu kita dihukum oleh guru dan selalu membuat onar di kelas hanya karena ingin mendapatkan perhatian dari teman-teman kelas.

3. Jangan dianggap ribet dan susah ketika menulis

Ribet, ah! Susah banget nih! Dalam menulis tidak ada kata ribet atau susah jika kita memang bersungguh-sungguh mau menuliskannya. Lagi pula tho otak kita juga perlu nafas kok. Tidak selalu digenjot untuk berpikir. Maka dari itu istirahat sejenak yang sangat diperlukan!

https://www.kompasiana.com/perantaukatakat.multply.com/5529b84df17e615d1ed623c6/langkah-simpel-membuat-cerita-anak

Membuat Buku Pertama Anda

Jikalau Anda adalah seorang penulis pemula yang baru pertama kali akan menulis dan menerbitkan buku, terus terang tidaklah mudah untuk membuat buku Anda bisa langsung menjadi buku best seller (jika tidak tahu caranya). Walaupun kualitas tulisan Anda bagus dan diterbitkan oleh penerbit terkenal, akan tetapi tetap saja urusan menjual buku dan membuatnya menjadi best seller adalah satu hal yang berbeda. Jikalau Anda hanya mengandalkan cara-cara marketing tradisional maka akan susah sekali mencapainya.

https://infopreneuracademy.com/membuat-buku-best-seller/

Cara Membuat Buku Cerita Bagus

CATATAN: Anda bisa menulis buku, membuat buku khususnya buku cerita ketika pertama kali membuat asalkan apa yang anda buat mengalir apa adanya. Terpenting, anda menulis sampai menghasilkan berlembar-lembar tulisan. Inilah solusi atau cara membuat buku khususnya buku cerita pertama kali.

Kapanlagi.com - Cukup banyak memang artis yang merilis buku karyanya sendiri. Kali ini, Pevita Pearce juga telah sukses melaunching karyanya yang berjudul Our Notebook: Peace in Mind. War at Heart. Dalam bukunya, Pevita seakan bercerita tentang beberapa hubungan asmara yang gagal. Apakah buku ini dimaksudkan untuk menyindir mantan-mantan pacarnya? "Sebenernya ga juga sih. Ini dampak dari itu, cuma jadi kekesalan yang aku kembangin dengan cerita-cerita dari teman. Ga pure cerita aku," katanya di Birdcage, Jakarta Selatan (6/10).

https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/pevita-pearce-sindir-mantan-pacar-lewat-buku-c28a0e.html

Buku-buku yang Pertama Kali Menginspirasi dan Mengajak Para Pejalan Ini Menjelajah - Ariev Rahman

“Saat itu 2010, ketika saya memutuskan keluar dari zona nyaman di kantor dan pergi ke luar negeri pertama kalinya, bersama seorang teman. Teman sepermainan,” cerita Ariev Rahman, blogger pariwisata dan perjalanan. Sebagai persiapan sebelum perjalanan, dia memperbanyak referensi bacaan, dan salah satu buku yang ditamatkan berulang kali adalah buku panduan perjalanan Claudia Kaunang, tentang cara berlibur ke luar negeri dengan biaya murah, tepatnya “500 Ribuan untuk Keliling Singapura.” Buku tersebut membuka mata Ariev, bahwa semua dapat melakukan perjalanan dengan biaya terjangkau, apabila tahu caranya. “Tanpa buku tersebut, mungkin saja saat ini saya masih berada di zona nyaman, yaitu kubikel kantor yang berdebu!”

https://wewerehere.id/post/inilah-buku-buku-yang-pertama-kali-menginspirasi-dan-mengajak-para-pejalan-1492935761

Menulis sebuah eBook (buku elektronik) dan menjual kopinya secara daring merupakan cara yang efektif dan rendah biaya untuk mempublikasikan diri Anda. Buku elektronik dapat menyampaikan tujuan Anda; baik untuk menawarkan saran yang berguna, menjual produk, atau bahkan jika Anda hanya ingin pendapat Anda diketahui orang banyak. Bacalah langkah-langkahnya di bawah ini dan publikasikan eBook pertama Anda dengan sukses.

https://id.wikihow.com/Menulis-eBook-Pertama-Anda

Banyak sekali tips-tips menulis yang dibagikan para penulis, namun cara berikut cukup efektif membantu mengasah teknik menulis buku, terutama buat yang masih pemula. Cara berikut diberikan oleh C.S. Lewis (penulis terkenal dari buku seperti Chronicles Narnia) kepada seorang fansnya. Waktu itu, ada seorang siswi Amerika menulis kepada penulis favoritnya C.S Lewis meminta saran tentang bagaimana menjadi penulis baik. Penulis tersebut mengirimnya daftar beberapa aturan dalam menulis. Tips ini memang sudah berusia 51 tahun, namun beberapa dari mereka masih bisa diterapkan dan banyak membantu untuk calon penulis.

• Matikan radio, TV, ataupun mulitimedia sejenisnya.
• Bacalah buku-buku yang bermutu dan hindarilah berbagai macam majalah.
• Menulislah dengan telinga, bukan dengan mata. Buatlah setiap kalimat terdengar baik
• Sampaikan dengan jelas.
• Simpanlah tulisan-tulisan Anda yang tidak terpakai karena Anda pasti akan membutuhkannya suatu saat nanti.
• Anda membutuhkan kemampuan untuk mengenali rima dari kata-kata yang Anda tulis, tapi suara berisik dari mesin ketik dapat mengganggu Anda.
• Pahamilah setiap kata yang Anda gunakan.

https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-penerbit-buku-a3/

CATATAN: Apakah anda mau menulis membuat buku cerita? Gampang? Anda bisa mengetahui cara membuat buku cerita dengan melalui blog saya. Membuat buku pertama khususnya buku cerita memang mudah. Jangan khawatir

Cara Motivasi untuk Mulai Menulis Membuat Buku

Teknik Menulis | Meskipun demikian kita harus menghormati penulis yang lain meskipun motivasinya berbeda dengan kita. Ada pula penulis yang mempunyai motivasi ekonomi. Saat ini kita dapat mengatakan bahwa pekerjaan menulis telah menjadi profesi bagi sebagian orang. Penulis dapat dijadikan pekerjaan utama. Seperti halnya pekerjaan sebagai dokter, salesperson, petani, pedagang, pengusaha, politisi, jurnalis, pegawai, dll. Karena itu, tentu saja ada penghasilan yang diharapkan. Tiap penulis dapat mempunyai penghasilan yang sama atau berbeda.

https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-penerbit-buku-a11/

Cara Membuat Buku Cerita Bagus

Banyak kalimat-kalimat membuat motivasi untuk memberikan semangat menulis yang dilahirkan dari pengalaman dan pengamatan para penulis hebat. Para kompasianer dan penulis lainnya mungkin banyak yang sudah pernah membacanya. Namun, saya berfikir tidak ada salahnya saya bagikan juga di kompasiana ini, barangkali sedikit atau banyak bisa bermanfaat untuk menyegarkan kembali dan lebih membuat memotivasi kita dalam kegiatan menulis.

https://www.kompasiana.com/heripurnomo/5517f3428133118f669deb9e/motivasi-menulis-apa-kata-para-penulis-hebat-dari-masa-ke-masa


Ketika membuat motivasi Anda menurun, mungkin saja Anda sedang stres. Tekanan lingkungan sedang menghimpit Anda. Dan itu sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan mental Anda. Coba pikirkan baik-baik kondisi Anda saat ini. Apakah stres yang Anda alami ini berat atau ringan? Bila ringan, singkirkan agar Anda bisa fokus pada goal Anda! Jika masalahnya berat, selesaikan masalah itu, segera, jangan ditunda! Setelah itu barulah Anda dapat dengan enteng berfokus pada goal. Bila masalah besar itu tidak Anda selesaikan segera, Anda akan terpasung.

https://penerbitdeepublish.com/teknik-menulis-b47/

KOMPAS.com - Tidak semua orang bisa menulis buku, namun banyak yang kemudian lahir dengan sendirinya sebagai penulis. Alasannya beragam. Ada yang memang berniat dan memulai menulis dengan draf, ada juga yang termotivasi karena lingkungan sekitar. Kelsey Meyer, penulis yang kemudian berkonsultasi dengan sejumlah penerbit dan pengarang, menemukan beberapa alasan yang memotivasi dalam penulisan sebuah buku. Pertama, karena frustrasi dengan lingkungan sekitar dan minimnya pengetahuan atau informasi mengenai sesuatu. Erin Callinan, pengarang buku Beautifully Bipolar, mengaku menulis buku karena dirinya kecewa dengan lingkungan sekitar.

Pertama, karena frustrasi dengan lingkungan sekitar dan minimnya pengetahuan atau informasi mengenai sesuatu. Erin Callinan, pengarang buku Beautifully Bipolar, mengaku menulis buku karena dirinya kecewa dengan lingkungan sekitar.

Motivasi kedua, adalah ketika kita melihat banyaknya orang yang melakukan kesalahan yang sama. Ini merujuk pada pengalaman Stephen Monaco, yang menulis Insightful Knowledge. Ia menyadari dirinya harus menulis sebuah buku begitu melihat banyak orang melakukan kesalahan yang sama, padahal kesalahan tersebut sebisa mungkin dihindari.

Motivasi ketiga, adalah menyadari bahwa gagasan yang akan ditulis terlalu besar jika hanya dimuat di blog. Sebagian besar penulis pemula pasti memulai dengan menulis di blog.

https://lifestyle.kompas.com/read/2013/08/27/2216235/5.Motivasi.untuk.Mulai.Menulis.Buku.

Kata "motivasi" sering digunakan orang tanpa mengetahui arti yang sebenarnya. Padahal, kata ini sangat berkaitan dengan penulisan. Oleh karena itu, coba kita perhatikan apakah arti kata motivasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut kamus ini, "Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu; atau usaha-usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya."

http://pelitaku.sabda.org/motivasi_untuk_menulis

Menulis membuat buku motivasi tidak semudah menulis dengan berkata saya menulis untuk memberi semangat kepada orang. membuat Buku motivasi mempunyai disiplin tersendiri. Bagi sesetengah penerbit, mereka amat cerewet dan ragu-ragu dengan lambakan penulisan membuat buku motivasi.

Pertama, penulis itu sendiri tidak mendorong tetapi mengarah-arah pembaca dalam teks manuskrip.

Kedua, penulis tidak begitu jelas apa itu membuat motivasi.

Kami akan bertanya semula kepada bakal penulis dan alumni yang mengikuti kursus penulisan membuat buku motivasi.

Apabila menulis membuat buku motivasi, para penerbit akan menekankan soalan fokus.

Apa fokusnya?

membuat Motivasi ini banyak cabangnya. Saya petik
Achievement,
Socialisation,
Incentive motivation,
Fear motivation,
Change motivation
Attitude motivation.

Beberapa lagi berada dalam diskusi.

Setiap satu ada model dan format penyampaian yang berbeza.

Soalan kedua, apakah buku teks motivasi yang dibaca?

Misalnya, pernah membaca mana-mana buku teks berkaitan motivasi terbitan Mcgraw Hill?

Buku teks ini bukan buku yang berada di rak-rak kedai buku umum.

Tetapi buku kajian dan jurnal berkaitan termasuklah buku berkaitan psikologi.

https://m.facebook.com/kursuspenulisan/posts/681088168609947

Cara Membuat Resensi Buku

Squad, apakah kamu sudah pernah mendengar istilah resensi? Atau bahkan kamu pernah diminta guru untuk meresensi isi buku favorit kamu di kelas? Masih banyak yang belum mengenali apa itu resensi dan bagaimana cara membuat resensi yang baik. Nah, kali ini kita akan belajar tentang unsur-unsur resensi serta bagaimana cara membuatnya. Yuk, kita mulai.

Resensi adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”.

Cara Membuat Buku Cerita Bagus

https://blog.ruangguru.com/cara-membuat-resensi-buku

Apakah anda mau membuat buku cerita fiksi yang berkualitas? Atau membuat buku cerita non fiksi yang berkualitas? Anda bisa menemukan cara membuat buku cerita fiksi atau nonfiksi di buku milik saya. Bila sudah membuat buku cerita fiksi, apakah anda mau melakukan resensi buku?

Tujuan Resensi

Seorang penulis resensi atau biasa disebut resentator akan memberi pertimbangan kepada pembaca secara seimbang, baik kelebihan maupun kekurangan suatu buku yang diresensinya. Selain itu penulisan resensi bertujuan untuk :

1. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.

2. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.

3. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.

4. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku

http://bungalotus1990.blogspot.com/2014/11/cara-membuat-resensi-buku-yang-baik-dan.html

Menurut pengertian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), resensi yaitu suatu pembicaraan buku atau sebuah ulasan mengenai satu buku. Sebuah resensi novel atau buku berisi pembahasan singkat namun jelas yang memberikan ulasan dan pendapat mengenai buku atau novel yang sedang dibaca.

Ketika sedang meresensi sebuah buku atau novel berarti sudah menilai dan menyatakan kembali isi buku tersebut dengan pemikiran kalian. Kamu perlu memahami tujuan menulis resensi buku, yaitu untuk memberikan informasi-informasi buku yang mana informasi buku tersebut sudah dibahas kepada masyarakat.

http://santinorice.com/contoh-resensi-buku/

Manfaat Resensi

Beberapa manfaat resensi buku atau novel :
1. Sebagai bahan pertimbangan dan memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentang suatu karya dan untuk mempengaruhi mereka atas karya tersebut.
2. Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang akan diresensi secara gratis dari penerbit buku apabila karya yang diresensinya di muat di koran atau majalah.
3. Merupakan sarana atau media promosi buku. Buku yang di resensi merupakan buku baru yang belum pernah di resensi oleh orang lain. Dengan demikian, resensi merupakan sebagai media promosi buku baru tersebut untuk menarik perhatian orang yang suka membaca.
4. Pengembangan kreatifitas. Semakin sering menulis, maka kita akan semakin terlatih untuk lebih berinovasi dalam menulis.

https://sahabatnesia.com/contoh-resensi-buku-non-fiksi-lengkap/

Cara Menulis Resensi Novel

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis resensi novel adalah
Mencantumkan dan menjelaskan identitas buku selengkap mungkin, seperti jenis buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, harga buku.

Ungkapkan ikhtisar isi cerita/sinopsis karya sastra yang akan diresensi serta hal-hal menarik yang akan dibahas sebagai pendahuluan di awal paragraf.

Ungkapkan kelebihan dan kekurangan isi novel atau cerpen dari segi isi, tema, latar, alur, perwatakan, sudut pandang, dan lain-lain.

Ungkapkan kelebihan dan kelemahan dalam pengunaan bahasa!
Pada akhir paragraf berilah kesimpulan tentang penting atau tidaknya novel itu untuk dibaca.

https://www.siswapedia.com/menulis-resensi/

Bagaimana cara membuat buku cerita fiksi atau non fiksi yang berkualita dan bisa menghasilkan penjualan sampai best seller? Anda bisa mendapatkan cara membuat buku dan penjualannya di blog saya.

Cara Membuat Buku Cerita

Saya bukanlah seseorang yang memiliki warna-warni kehidupan yang indah sehingga patut menuliskannya menjadi sebuah kisah. Bukan juga seseorang yang memiliki track record luar biasa dalam memperjuangkan sesuatu sehingga pantas membagikannya menjadi sebuah buku. Pengalaman saya lurus-lurus saja, sederhana. Tapi selalu ada hal yang penuh kesan dari kesederhanaan tersebut, paling tidak untuk saya pribadi. Sehingga saya merasa perlu mencatatnya. Itulah mengapa dari dulu saya suka menulis buku harian, supaya kesan menarik dalam keseharian saya tercatat, jadi saya bisa ingat di kemudian hari.

Cara Membuat Buku Cerita Bagus

https://monikaoktora.com/2018/02/18/cara-menuliskan-cerita-menarik-menjadi-sebuah-buku-berdasarkan-pengalaman-pribadi/

Apakah anda menginginkan belajar cara membuat buku cerita fiksi lebih dalam? Anda bisa mendapatkan di blog saya.

Apa buku anak pertama yang Mbak Yovita tulis? Bagaimana rasanya saat buku itu diterbitkan?

Buku pertama yang saya tulis adalah “Koko & Kiki – Outdoor Activities Series”. Walaupun ini buku anak pertama yang saya tulis (dengan lama penulisan dua hari), buku ini bukanlah yang pertama terbit. Karena pengilustrasian buku memakan waktu, maka penerbitannya tersalip oleh buku “Baby Gokil”.

Rasanya saat lihat karya saya nampang di toko buku? Ehmm… seperti dapat satu drum es krim vanila with sprinkles of chocolate and cherry on top, terus gratis pula.

http://sikancil.org/yovita-siswati/

Scrapbook merupakan salah bentuk kreativitas yang banyak dibuat oleh remaja saat ini. Scrapbook dapat dijadikan sebagai wadah untuk menyimpan berbagai memori indah di dalam hidup kita, seperti kenangan bersama keluarga, teman, kekasih, dan orang-orang tercinta lainnya. Di dalam sebuah scrapbook kita dapat menyimpan foto, tiket bioskop, pamflet, dan berbagai benda lainnya yang menyimpan sejuta kenangan. Scrapbook tersebut kemudian dapat kita simpan sendiri atau kita berikan kepada orang lain sebagai hadiah ulang tahun, anniversary, dan lainnya. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membuat scrapbook tersebut, kali ini bacaterus.com akan mengulas langkah-langkah lengkap cara membuat scrapbook sendiri. Yuk langsung saja kita simak cara pembuatannya.

https://bacaterus.com/cara-membuat-scrapbook-sendiri/

PROSES KREATIF PENULISAN HINGGA PENERBITAN

Proses menulis TW&JA saya jalani selama 3 tahun, dari awal 2008 sampai akhir 2010. Kendala utamanya adalah menemukan waktu untuk menulis disela kesibukan bekerja dan berumah tangga bersama istri dan anak pertama saya yang saat itu baru lahir. Kendala selanjutnya adalah minimnya pengalaman saya di sunia tulis-menulis ini, sehingga saya baru menyadari bahwa ternyata riset perlu dilakukan untuk memperdalam topik penulisan. Mengingat topik utama di novel saya adalah Jane Austen sedangkan saya saat itu belum pernah membaca satupun novel-novel Jane Austen, maka mau tak mau saya harus mulai membacanya. Proses riset juga meliputi menonton film dan miniseri adaptasi dari buku Jane Austen, serta mencari berbagai hal di internet tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Jane Austen. Banyak sekali artikel-artikel yang membantu memperdalam pemahaman saya tentang esensi cerita di buku-buku Jane Austen. Selain itu, ternyata tak sulit untuk bertemu dengan para penggemar Jane Austen di seluruh dunia. Ada banyak sekali Facebook Page terkait dengan Jane Austen, dari yang dikelola secara resmi oleh organisasi, sampai Fan Page yang dikelola perorangan. Disana saya bisa berinteraksi dengan mereka dalam berbagai topik seputar Jane Austen, baik karyanya maupun kehidupannya.

Bila anda mau membuat buku cerita fiksi, saya bisa menjelaskan caranya. Anda akan menemukan banyak tips cara membuat buku cerita fiksi atau pun non fiksi.

https://primasantika.wordpress.com/2012/05/27/pengalaman-menulis-buku-pertama/

Membuat Konflik utama atau tema utama dari novel. Sebagian penulis malah langsung membuat adegan yang menarik untuk halaman pertama. Sehingga seringkali muncul banyak tokoh baru ketika menuntaskan novelnya. Kelebihan cara ini adalah, bisa menyesuaikan diri dengan tema yang mungkin direkues atau diminta oleh penerbit atau panitia lomba. Kekurangannya, agak sedikit lambat, karena sering muncul tokoh baru, atau penulis terpaksa membatasi diri dengan tema yang digusung. Cara ini saya gunakan ketika mendapat orderan tema menulis dari penerbit. Jadi untuk novel Gomawoyo,Chef! dan novel Sirennetta, saya menggunakan cara ini. Tema utama sudah ada, lalu saya pretelin, atau saya uraikan dengan membuat konflik-konflik kecil.

https://dianonasis.wordpress.com/2014/09/16/tips-memulai-menulis-novel-anak/comment-page-1/

Tentu, untuk bisa tahu hal-hal tadi Anda perlu melakukan riset. Riset bisa dilakukan melalui berbagai media, bisa dengan membaca buku-buku tentang lokasi tersebut, buku tentang budaya masyarakat tersebut, melalui dokumen (seperti: panduan wisata London, mungkin?), mewawancarai orang asli sana, melihat di YouTube, dan banyak lagi.

Tentu riset akan makin lengkap ketika Anda pernah mengalami langsung kejadian tersebut. Misalkan ketika seorang jurnalis hendak menuliskan cerita perjalanan di suatu daerah, akan baik kalau ia megalami langsung kejadian tersebut. Ia melihat langsung, merekam, dan punya pengalaman langsung.

http://keajaibanmenulis.com/blog/ini-dia-teknik-menulis-cerita-yang-menarik/

Masih ingin menguasai cara membuat buku? Bila sudah menguasai, apakah mau menguasai cara membuat buku cerita fiksi?

Cara Membuat Buku Cerpen Fiksi Cinta

Cerpen Cinta – Cinta selalu saja memberi kita inspirasi didalam suatu karya sastra, entah itu berbentuk puisi cinta maupun Cerpen Cinta. Cinta juga selalu memiliki cara unik untuk diungkapkan kedalam kalimat-kalimat metafora yang membikin sebuah puisi bisa terdengar sangat romantis, juga lewat karya sastra yang lain, yaitu berupa cerpen atau cerita pendek. Tak hanya diciptakan sebagai karya sastra, tetapi cerita pendekpun juga bisa menjadi awal mula langkah Anda dalam meniti karir lewat sebuah karya prosa dan cerita fiksi. Akan tetapi, menulis cerpen sebenarnya berbeda dalam beberapa hal dengan menulis novel, sebab menulis cerpen tak membutuhkan banyak waktu untuk membuatnya dan alur cerita seperti berbeda dengan proses pembuatan cerita novel yang memunyai alur cerita yang cukup panjang dan lebih terperinci.

Cara Membuat Buku Cerita Bagus

CATATAN: Bagaimana cara membuat buku cerpen cinta romantis? Gampang. Namun anda bisa melihat penjelaskan detail cara membuat buku cerpen cerita fiksi yang kebutuhannya untuk buku di blog saya.

http://www.abwaba.com/cerpen-cinta.html

Menurut Romance Writers of America, cerita fiksi romantis mampu meraup keuntungan hingga 1,08 milyar dolar tiap tahunnya. Bukan tanpa alasan, kisah percintaan memang selalu menarik untuk dibaca. Novel dengan genre ini pun masih menjadi kegemaran bagi para pembaca di Indonesia dan juga di dunia. Lantas, bagaimana novel-novel romantis ini ditulis? Apa saja formula rahasia yang digunakan untuk dapat mengembangkan dan menyusun cerita hingga sedemikian rupa dan dicintai oleh pembaca? Inilah beberapa trik yang dibeberkan oleh beberapa penulis kisah romantis dalam menciptakan karya-karyanya.

https://kumparan.com/tutur-literatur/5-trik-menulis-kisah-romantis

Tiap orang tentu punya suatu untuk diceritakan seputar romansanya. Namun, umumnya individu baru tergerak berbicara/menulis pengalaman asmaranya lantaran kebelet curhat. Padahal jika mereka membiasakan itu, ‘tak sedikit hal penting yang bakal terjadi. Ini mirip mengerjakan evaluasi belajar sebab, ada banyak pertanyaan yang harus kita jawab spesifik, seperti: “Bagaimana sifat aslinya?”; “Kenapa ia senantiasa bereaksi begitu pada saya?”; “Apa hubungan ini pantas dibawa serius?”; “Kenapa dia suka warna … ?“

https://ucihasantoso.wordpress.com/2014/02/20/tips-menuliskan-kisah-cinta-pribadi/

CATATAN: Mau kan anda menjadi cerpenis yang karya-karyanya ditampilkan dalam buku? Anda harus memperhatikan cara membuat buku cerita fiksi terlebih dahulu dengan memahami makna buku. Bila suda, anda bisa membuat cerpen banyak untuk kebutuhan membuat buku. Cara membuat buku cerpen fiksi adalah bisa menghasilkan kesimpulan.

Ehem…sebenarnya aku juga tidak tahu apa tips menulis novel cinta yang mengikat pembaca. Dua novel romantisku, Love, Interrupted (GPU, 2014) dan Cinta Segala Musim (Indiva, 2016), ditulis tanpa memikirkan hal-hal seperti ini. Boleh jadi novel Love memikat pembaca, karena ratingnya tinggi di Goodreads dan mendapat banyak ulasan positif. Jika ya alhamdulillah. Berarti, di sisi ini novel itu cukup berhasil. Adapun respon Cinta Segala Musim belum bisa kutulis karena novel yang jadi pemenang unggulan III lomba novel Indiva ini baru saja edar di pasar. Kalau kamu sudah baca, bolehlah kiranya mengulas novel ini di blog atau Goodreads.

https://mayalestarigf.com/2016/09/28/bagaimana-menulis-novel-cinta-yang-mengikat-pembaca/

Cerita cinta romantis adalah tema tulisan yang paling populer di dunia. Ada begitu banyak kisah cinta yang selalu mampu menggugah emosi pembacanya. Beberapa di antaranya bahkan tak lekang oleh waktu, seperti kisah cinta Sam Pek Eng Tay dan Romeo & Juliet. Menjadi penulis cerita cinta romantis memiliki kelebihan dan kekurangan. Kekurangannya adalah persaingan yang ketat dengan banyak sekali karya bertema serupa. Kelebihannya adalah pasar yang sudah ada, sehingga cerita cinta romantis tidak akan kekurangan peminat. Artinya, selalu ada orang dari berbagai jenjang usia yang menggemari genre satu ini.

Lalu, bagaimana cara membuat cerita cinta romantis? Begini caranya.

https://www.selasar.com/answer/80449/Bagaimana-cara-membuat-cerita-cinta-romantis

Menulis cerpen romantis tidaklah sulit. Berikut adalah tips menulis cerpen romantis bagi para pemula:

1. Tentukan Topik Cerita
Menulis cerpen romantis harus mampu mengangkat sebuah topik yang dapat dikembangkan.

2. Jangan Batasi Imajinasi
Bagi Anda penulis pemula, Anda harus mampu membebaskan daya imajinasi Anda, memberikan sentuhan diri Anda sendiri kepada cerita yang Anda tulis

3. Perbanyak Referensi
Menambah referensi bisa dilakukan dengan menonton drama romantis kesukaan Anda atau mungkin menuangkan sendiri pengalaman cinta pribadi Anda ke dalam cerita yang Anda tulis.

4. Lakukan Gaya Bercerita Anda Sendiri
Bagi Anda penulis pemula pasti mengalami kebingungan dengan gaya bercerita.

5. Menulislah Setiap Hari
Kata kunci sukses bagi penulis adalah dengan menulis setiap hari secara konsisten agar tidak kehilangan energi dari cerita. Menulis setiap hari tidak perlu selama berjam-jam

6. Minta Orang Terdekat Anda Memberi Komentar
Setelah cerpen romantis Anda selesai, mintalah orang terdekat Anda membacanya dan menyampaikan komentar mereka.

https://www.teruskan.com/24039/7-rahasia-menulis-cerpen-romantis-bagi-pemula.html

Apakah anda mau memperdalam cara membuat buku cerita cerpen fiksi? Anda harus mempelajari hal ini di dalam blog panduan membuat buku.

baca tips menulis kisah