Cara Menulis Daftar Pustaka Buku

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Daftar pustaka buku adalah salah satu elemen yang penting dalam menyusun suatu karya ilmiah, Ini karena berkaitan pada tingkat keaslian suatu tulisan dengan mencantumkan sumber dari tulisan yang diambil. Selain itu, cara penulisan daftar pustaka buku yang benar juga sangatlah penting guna menghindari kesalahan dalam perujukan.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Apa itu daftar pustaka buku? daftar pustaka buku adalah suatu tulisan yang disusun dan terdapat di akhir suatu karya tulisan yang isinya mulai dari nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, beserta tahun terbit yang mana dijadikan rujukan atau sumber dari seorang penulis karya tulis tersebut.

Daftar pustaka buku merupakan daftar yang berisi semua buku atau tulisan ilmiah yang menjadi rujukan dalam melakukan penelitian. Maksudnya begini Squad, jika kalian ingin menulis karya ilmiah yang bisa berupa, artikel, makalah, atau presentasi, kalian harus membuat daftar pustaka buku atau mudahnya kalian itu harus mencantumkan sumber rujukan penelitian kalian. Jika membuat tulisan ilmiah tapi sumber rujukannya (daftar pustaka buku) salah atau bahkan tidak ada, maka tulisan ilmiah tersebut dikatakan tidak dapat dipercaya alias hoaks.

Walaupun terkesan mudah, nyatanya masih banyak yang kesulitan menerapkan penulisan daftar pustaka buku yang benar dalam akhir tulisannya. Tanda baca dan urutan selama penulisannya menjadi momok yang membuat seseorang terburu malas untuk mencantumkan berbagai referensi sumber dari tulisannya.

Secara umum dalam cara penulisan daftar pustaka buku yakni NA-TA-JU-KO-PEN. Na adalah nama pengarang, Ta adalah tahun, Ju adalah judul, Ko adalah kota dan Pen adalah penerbit. Daftar pustaka buku ini biasanya digunakan pada makalah, laporan, artikel, dan skripsi. Dengan mencantumkan daftar pustaka buku pada makalah, artikel, atau skripsi, anda bisa terhindar dari tindakan plagiasi atau meniru karya orang.

Aturan Umum Dalam Penulisan Daftar Pustaka Buku

Jika Anda menulis suatu daftar pustaka buku, Anda tidak bisa mengerjakannya secara sembarangan. Penulisannya harus berdasarkan aturan yang sudah diterapkan dan diberlakukan secara umum. Inilah mengapa ada sebuah panduan penulisan daftar pustaka buku. Di bawah ini adalah beberapa aturan umum dari penulisan daftar pustaka buku, silakan disimak!

Penulisan Daftar Pustaka Buku Dari Sumber Buku

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka buku dari sumber buku. Namun, hal paling utama adalah memperhatikan urutan dan tanda bacanya. Berikut adalah urutan sebuah referensi dari buku.

Mau membuat buku? Klik disini

1. Nama

Nama penulis ditulis paling awal. Ingatlah untuk selalu menuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tanda koma (,) setelah itu cantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut.


Contoh:

• Mahaso, Ode (Ed.). 1997.
• Sumardjan, Selo dan Marta Susilo.
• Kusmadi, Ismail. Dini A., dan Eva R.
• Kartika, Salma dkk.
• Susan, Alberta et. all.

2. Tahun Terbit

Setelah nama, cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi.

3. Judul Buku

Tuliskan judul bukumu secara lengkap. Jangan lupa, penulisan judul dibuat dengan italic (miring).

4. Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam penulisan daftar pustaka buku sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota, baru diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).


https://gmb-indonesia.com/2018/02/02/penulisan-daftar-pustaka/
https://carabermanfaat.com/cara-menulis-daftar-pustaka/
https://hidupsimpel.com/contoh-daftar-pustaka/
https://www.studiobelajar.com/penulisan-daftar-pustaka/
https://thegorbalsla.com/contoh-daftar-pustaka/
https://www.dewaweb.com/blog/cara-membuat-daftar-pustaka/
https://blog.ruangguru.com/pengertian-dan-cara-penulisan-daftar-pustaka