Pengen Jadi Penulis? Ini Dia Tips Simpel Untuk Jadi Penulis Yang Baik!

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Menulis merupakan ruang gak terbatas untuk menuangkan pikiran kita. Mulai dari sekadar status di sosial media, karya-karya puisi atau cerita pendek, bahkan sampai konten bertema serius di blog. Tanpa sadar, membaca dan menulis udah menjadi bagian yang gak terpisahkan dari keseharian kita.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Jika kamu ingin jadi penulis tapi tidak tahu apa yang harus kamu lakukan, inilah tips yang bisa kamu coba. Namun ingatlah bahwa segala sesuatu untuk berhasil dan menjadi penulis besar membutuhkan proses yang tidak mudah. Harus ada harga yang dibayar di dunia ini, termasuk untuk menjadi penulis. Ini dia tips untuk menjadi penulis pemula yang pelan-pelan bisa mulai kamu praktekkan.

Sepertinya semua orang kepengin jadi penulis. Tapi, tidak semua orang punya kemampuan yang cukup untuk itu. Hanya punya keinginan saja itu nggak cukup. Kalau benar-benar berniat menjadi penulis, maka kamu harus punya setidaknya 7 kebiasaan ini dalam hidupmu.

Sepertinya semua orang kepengin jadi penulis. Tapi, tidak semua orang punya kemampuan yang cukup untuk itu. Hanya punya keinginan saja itu nggak cukup. Kalau benar-benar berniat menjadi penulis, maka kamu harus punya setidaknya 7 kebiasaan ini dalam hidupmu.

Sebagai seorang penulis yang sesekali nyambi menjadi editor, saya tidak pernah lelah untuk membagikan cara menjadi penulis di media online ini agar dapat dibaca dan memberikan manfaat kepada orang lain. Setiap membaca tulisan yang panjang atau pendek, saya bisa dengan cepat menemukan kesalahan ketik (typing error).

Berikut ini merupakan beberapa kiat menulis dari Asma Nadia, seorang penulis produktif yang karya-karyanya dicintai masyarakat. Ia meraih kesuksesan tidak hanya dengan satu atau dua langkah saja. Keberhasilan yang berpihak padanya merupakan hasil yang diperoleh dengan melalui jalanan berelok dan berbagai usaha. Penasaran bagaimana tips menjadi seorang penulis terkenal seperti Asma Nadia? Yuk baca dan praktekkan tips-nya berikut ini:

1. Niat Menulis dan Misi Mulia
2. Berlatih Menulis Setiap Hari
3. Membaca Minimal 3 Buku Per Minggu

Saya sendiri saat ini selalu mengagendakan untuk membeli buku atau membaca 3 buku baru selain buku kuliah dan mengalokasikan waktu 2 jam per hari untuk membaca. Menurut saya itu pun masih kurang karena saya sadar semakin saya membaca, semakin banyak hal yang saya tidak tahu. Apalagi jika sudah menggunakan media internet di mana informasi dan wawasan sedemikian berlimpah! Saya juga membiasakan menulis setiap hari di blog ini, bahkan walaupun hari libur sekalipun.

4. Rajin Mengamati dan Melakukan Travelling
5. Jangan pernah merasa hebat
6. Menuliskan Mimpi
7. Tidak jera mengirim ke penerbit

http://arryrahmawan.net/cara-sederhana-menjadi-penulis-hebat/
https://www.hipwee.com/tips/pengen-jadi-penulis-ini-dia-tips-simpel-untuk-jadi-penulis-yang-baik/
https://www.shopback.co.id/blog/tips-untuk-menjadi-penulis-pemula
https://medium.com/@carolinaratri/7-kebiasaan-yang-bisa-membuatmu-menjadi-penulis-profesional-28ad1755ab7
https://blog.sribu.com/cara-menjadi-penulis/
https://kumparan.com/tutur-literatur/7-kiat-sukses-menjadi-penulis-terkenal-ala-asma-nadia