Cara Membuat Esai

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Dalam dunia pendidikan, pasti tak asing dengan istilah esai. Esai merupakan sebuah pembahasan yang mengupas permasalahan dimana di dalamnya terdapat pendapat dari penulis. Selain untuk dipelajari, bagi mahasiswa ataupun siswa biasa, tak jarang mendapat tugas untuk membuat esai. Akan tetapi sayangnya tak banyak yang tahu bagaimana cara membuat esai yang baik dan benar, sehingga hasil karya tulis yang dibuat menjadi berantakan.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Saya bertugas mengecek essay yang masuk dari seleksi peserta ISLC ini. Selain essay juga ada seleksi CV. Pada hari ini saya menghadiri acara Gala Dinner dan akhirnya setelah sekian lama berada di ‘belakang layar’, saya bisa berjumpa dengan pemimpin-pemimpin masa depan terbaik di negeri ini.

Tips Sukses Menulis Tugas Esay

Salah satu bentuk tugas yang umum didapatkan mahasiswa di bidang social sciences/humanities/business adalah tugas menulis esai akademik. Meski sebagai mahasiswa post-graduate kita sudah pernah mendapatkan tugas-tugas serupa di S1 misalnya, namun kenyataannya studi di luar negeri menuntut tantangan mental yang cukup besar (hehe lebai). Nah, tugas menulis pun macam-macam, bisa dilihat di post ini sebagai ilustrasi. Jadi pastikan kalau tugas yang mau kita tulis sudah benar (misal jangan sampai menulis deskripsi/ summary padahal tugasnya adalah critique). Nah berdasarkan pengalaman mengerjakan buanyak tugas plus peran saya sebagai tutor/fasilitator di salah satu mata kuliah anak master (cihuy!), beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah:

1. Alokasikan waktu yang cukup
2. Membaca kriteria penilaian
3. Membaca artikel jurnal yang relevan dan artikel konteks nyata
4. Perencanaan esay
5. Menulis dengan hati-hati
6. Berpikir dalam dan lateral.
7. Proofreading dan Editing
8. Cek lagi reference list.
9. Submit Turn it In lebih awal.

Untuk membuat sebuah esai yang berkualitas, diperlukan kemampuan dasar menulis dan latihan yang terus menerus. Berikut ini panduan dasar dalam menulis sebuah esai.

Struktur Sebuah Esai

Pada dasarnya, sebuah esai terbagi minimum dalam lima paragraf:

1. Paragraf pertama: Dalam paragraf ini penulis memperkenalkan topik yang akan dikemukakan, berikut tesisnya. Tesis ini harus dikemukakan dalam kalimat yang singkat dan jelas, sedapat mungkin pada kalimat pertama.
2. Paragraf kedua sampai kelima: Ketiga paragraf ini disebut tubuh dari sebuah esai yang memiliki struktur yang sama.
3. Paragraf kelima (terakhir): Paragraf kelima merupakan paragraf kesimpulan. Tuliskan kembali tesis dan sub topik yang telah dibahas dalam paragraf kedua sampai kelima sebagai sebuah sintesis untuk meyakinkan pembaca

Menulis esai adalah kegiatan yang kompleks, kegiatan ini bukan hanya sekedar menulis, namun juga menganalisa dan membaca. Esai bertujuan untuk mengembangkan ide dan konsep yang dihasilkan seseorang dalam sebuah tulisan. Namun demikian, tulisan harus terstruktur dan memiliki alur yang jelas dan sesuai dengan tujuan dari penulisan essay.


https://tafenglish.co.id/blog/2018/10/16/lima-langkah-praktis-menulis-esai/
http://lisensiuinjkt.com/panduan-membuat-essay/
http://arryrahmawan.net/panduan-praktis-menulis-esai/
http://fitrihoktaviani.lecture.ub.ac.id/tag/cara-menulis-essay/
https://sarungpreneur.com/contoh-esai/
https://id.wikipedia.org/wiki/Esai
http://www.studygs.net/indon/wrtstr1.htm

1 Komentar so far

Titanium Dawn - The Art of the Tinted - The Tinted
The 2016 ford focus titanium Tinted features an titanium glasses frames adjustable top plate to iron titanium token maximize the range of the titanium blades. The titanium finish titanium hair straightener is made titanium fat bike from pure copper and stainless steel $19.95 · ‎Out of stock