Cara membuat Judul Buku Novel yang Menarik

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Membuat judul itu gampang. Apalagi kalau asal, asal ada judul:) selamat untuk kamu yang sudah bertanya tentang ini. Artinya sebagai penulis kamu sadar betul pentingnya sebuah judul. Sederhananya di milis atau di facebook saja, kita bisa melihat betapa judul postingan yang satu bisa mendapat banyak sekali reply. selain persoalan yang diajukan, sering karena judulnya memang mengundang.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Judul yang tepat tidak hanya membutuhkan rangkaian kalimat yang unik, menarik, dan kontekstual, tetapi juga rapi dan sesuai kaidah. Tata penulisan yang amburadul hanya akan membuat calon pembaca merasa penulis tidak memiliki kredibilitas atau kemampuan yang terpercaya, sehingga jangankan lanjut membaca, melirik lagi saja belum tentu berkenan.

Bagaimanakah kita mengetahui kelebihan buku yang akan kita tulis? Jawabnya satu: judul. Bagian pertama yang dilihat dan dibaca orang adalah judul. Judul dapat diibaratkan magnet. Jika judul semakin menarik, pembaca pun pasti tertarik. Pada akhirnya, judul harus dikemas sedemikian menarik agar mempunyai nilai (value) dan rasa (taste) berbeda. Buku yang baik harus mencerminkan perbedaan dengan buku-buku umum. Maka, jadilah penulis buku yang berbeda dengan penulis umum. Lalu, bagaimanakah membuat judul buku yang menarik? Menurut saya, judul buku yang menarik harus memenuhi empat unsur, yaitu SIAP. SIAP merupakan akronim dari singkat, asli, inspiratif, dan persuasive.

Ujwar.com – Saya kepusingan buat ngebahas hal-hal soal novel, cerpen, atau cerita lainnya. Gara-gara ada teman bertanya soal judul, jadi ada ide buat ditulis di blog. Biar blognya gak terlalu kosong melongpong. Hehe. Pertanyaan teman saya begini, “Gimana cara membuat judul novel yang bagus? Yang bisa menarik perhatian orang, yang terdengar unik, yang terlihat amazing, dan tentunya membuat orang mengingat tulisan kita karena judul.”

Mau membuat buku? Baca selengkapnya

Salam berkarya para penulis. Kali ini menulis novel yang akan kita fokuskan.
Sudah punya novel karya sendiri? Atau sudah berapa banyak novel yang dipunya?
Kenapa tertarik membelinya? Pasti beragam alasan yang menjadi jawabannya. Namun yang tidak bisa kita pungkiri salah satunya adalah judul yang menjadi penentu sebuah bukubisa menarik perhatian pembacanya. Sebagai penulis pemula, penting untuk bisa membuat judul yang menarik sebagai poin awal sebuah buku.

Berawal dari rasa stressku yang berkepanjangan dalam menentukan judul, akhirnya saya sedikit browsing sana-sini. Langsung simak, Gan.

Cara Menentukan Judul Novel yang Menarik.

1. Beri judul buku kita yang bersifat provokatif. Kok? Iya Gan, beneran. Jangan ambil judul yang biasa.
2. Ambil judul yang bikin penasaran. Maksudnya? Jadi begini, Gan. Kita ambil contoh novel karya Bang Tere. Hujan.
3. Buat judul yang tepat. Ini bukannya sudah pasti? Tentu donk. Makanya saya sampaikan. Tepat seperti apa? Jangan terlalu pendek maupun panjang.
4. Membuat judul novel dengan nama karakter. Tidak jarang bukan, kita sering mendapati beberapa novel bertengger di rak buku dengan judul yang diambil dari nama karakter dalam novel itu sendiri? Contohnya, Dylan, Harry Poter, Hafalan Shalat Delisa, dan lain sebagainya.

https://inkumedia.wordpress.com/2017/07/21/cara-menentukan-judul-novel-yang-menarik/
https://www.facebook.com/notes/asma-nadia/tips-menulis-membuat-judul-tulisan-yang-menarik/301052767578/
https://typoonline.com/blog/cara-penulisan-judul-yang-benar/
https://www.kompasiana.com/johanmenulisbuku/55005688a3331118705108f2/menulis-judul-buku-yang-menarik
http://www.ujwar.com/2017/12/9-rahasia-membuat-judul-novel-supaya.html
http://www.rahasiapenulis.com/2016/05/cara-membuat-judul-novel-yang-menjual-diterima-penerbit.html