Pengertian Alur Buku Cerita Dan Macamnya Serta Unsurnya

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Pengertian, Unsur Dan Jenis-Jenis Alur (Plot) Beserta Contohnya Lengkap – Di dalam sebuah karya buku sastra khususnya sastra yang berbentuk sebuah tulisan misalnya seperti buku novel, cerpen dan lain sebagainya ada suatu unsur pembangun di dalamnya atau sering disebut dengan unsur instrinsik. Salah satu unsur-unsur intrinsik yaitu alur (plot). Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang alur (plot) secara lengkap. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Tahapan Alur Cerita: Pengertian Alur Dan Jenis Alur - Tahapan alur buku cerita merupakan hal yang wajar dijumpai dalam proses pembuatan cerita baik itu cerpen, novel, fiksi, fabel dan lain sebagainya. Alur cerita terdiri dari alur maju, alur mundur, dan alur campuran. Penggunaan alur cerita juga tidak hanya digunakan untuk karya tulis. Sebuah pementasan drama juga memerlukan alur untuk mengatur jalannya cerita. Lalu sebenarnya apa pengertian alur dalam cerita? berikut adalah materi tentang pengertian dan tahapan alur buku cerita.

Pengertian Alur, Macam-macam Alur dan Contohnya - Pertemuan kali ini merupakan pelengkap dari pembahasan Alur sebelumnya, dan berikut ini akan dijelaskan tentang Beberapa pengertian alur, pengertian alur, macam-macam alur, dan contoh alur.

Cara Membuat Buku Cerita Bagus

Alur adalah rangkaian peristiwa yang sambung-menyambung dalam sebuah cerita berdasarkan logika sebab akibat. Pengertian alur dan tahapan alur cerita pendek pada dasarnya sama dengan alur novel. Hal yang membedakan antara alur cerpen dengan alur novel adalah panjang masing-masing tahapan alur.
Alur adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan seksama dan menggerakkan jalan cerita. Melalui rumitan kearah klimaks dan selesaian. Alur merupakan jalinan peristiwa dalam karya sastra untuk mencapai efek tertentu.
Alur merupakan jalinan cerita yang disusun dalam urutan waktu yang menunjukkan hubungan sebab akibat dan memiliki kemungkinan agar pembaca menebak-nebak peristiwa yang akan datang atau peristiwa berikutnya.

Berikut ini penjelasan jenis-jenis alur cerita tersebut:

Alur Maju: Tahapan peristiwa dalam alur ini diawali dengan pengenalan cerita, awal perselisihan, menuju konflik, konflik memuncak, dan diakhiri dengan penyelesaian konflik.

Alur Mundur: Tahapan peristiwa dimulai dari konflik dan di akhir cerita diungkapkan latar belakang terjadinya konflik.

Alur Campuran: Alur jenis ini merupakan gabungan antara alur maju dengan alur mundur. Satu saat cerita berjalan maju namun pada saat yang lain cerita berjalan mundur. Alur jenis ini memang tidak mudah untuk dipahami karena tahapan peristiwa dalam cerita melompat-lompat. Cerita jenis ini membutuhkan konsentrasi tinggi untuk memahami jalan ceritanya.

Inilah unsur-unsur alur

Secara umum unsur-unsur alur dapat dijelaskan sebagai berikut di bawah ini:

1. Pengenalan cerita.
Pada bagian ini, pengarang akan memperkenalkan tokoh utama, penataan adegan cerita dan hubungan antar tokoh yang terdapat dalam cerita.

2. Awal konflik.
Pada bagian ini pengarang atau pembuat cerita akan memunculkan bagian-bagian dalam cerita yang dapat menimbulkan permasalahan.

3. Menuju konflik.
Pengarang cerita akan meningkatkan permasalahan yang dialami olah tokoh.

4. Konflik memuncak atau klimaks.
Pada bagian ini merupakan puncak permasalahan yang dihadapi oleh tokoh, pada bagian ini juga tokoh dalam cerita akan dihadapkan dalam penentuan akhir yang akan dialaminya, keberhasilan atau kegagalan biasanya menjadi penentuan nasib tokoh dalam cerita.

5. Penyelesaian atau ending.
Akhir dari cerita, pada bagian ini akan menjelaskan bagaimana nasib tokoh dalam cerita tersebut apakah endingnya bahagia, buruk, ataupun menggantung.

Demikian penjelasan atau pengertian alur dalam cerita, jika tulisan ini memang bermanfaat apa salahnya untuk di share atau di bagikan kepada teman yang lain.

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-unsur-dan-jenis-alur-plot-serta-contohnya/
http://materi4belajar.blogspot.com/2016/11/tahapan-alur-cerita-pengertian-alur-dan.html
http://ofteachers.blogspot.com/2017/04/pengertian-alur-macam-macam-alur-dan-contohnya.html
http://pengertianahli.id/2014/09/pengertian-alur-dan-jenis-alur.html
http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-alur-dan-macamnya-serta-unsurnya.html