15 Manfaat Membaca Buku Cerita dalam Kehidupan

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Buku khususnya buku cerita adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku khususnya cerita merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja, anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang-orang yang telah berusia lanjut.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Buku khususnya buku cerita merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Berikut ini beberapa manfaat membaca buku yang bisa kita dapatkan selain mempercerdas otak. diantaranya:

1. Dapat Menstimulasi Mental
2. Dapat Mengurangi Stress
3. Menambah Wawasan dan Pengetahuan
4. Dapat Menambah Kosakata
5. Dapat Meningkatkan Kualitas Memori
6. Melatih Ketrampilan untuk Berfikir dan Menganalisa
7. Dapat Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi
8. Melatih untuk Dapat Menulis Dengan Baik
9. Dapat Memperluas Pemikiran Seseorang
10. Dapat Meningkatkan Hubungan Sosial
11. Dapat Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif
12. Dapat Meningkatkan Empati Seseorang
13. Dapat Mendorong Tujuan Hidup Seseorang
14. Dapat Membantu Kita untuk Terhubung Dengan Dunia Luar
15. Dapat Lebih Berhemat

“Jika masa kecil mu kau habiskan dengan membaca, niscaya kepalamu akan bermandikan kata-kata —Joko Pinurbo.

Kalimat di atas mau menegaskan, betapa pentingnya membaca buku khususnya buku cerita. Dengan membaca khuusnya buku cerita secara rutin dan tekun, niscaya kepala kita akan dipenuhi kata-kata, dan pada akhirnya kita bisa mengambil sikap secara bijak berkat ilmu yang ada di kepala kita.

Apakah kamu hobi membaca buku? Buku apa yang selalu kamu baca? Berapa banyak buku yang kamu baca setiap harinya? Membaca buku merupakan kegiatan yang seharusnya rutin dilakukan setiap hari, karena memang membaca buku memiliki sangat banyak manfaat bagi manusia, selain mendapatkan informasi baru.

Milan Kundera, penulis asal Ceko berkata, jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradaban, hancurkan buku-bukunya. Maka, pastilah bangsa itu akan hancur dan musnah. Ini menjadi bukti bagaimana besarnya manfaat buku terhadap kemajuan peradaban suatu bangsa. Jumlah buku yang diterbitkan dan minat baca di suatu negara juga dapat menjadi salah satu indikator kemajuan suatu negara. Bagi diri pribadi seperti saya dan Anda, kita harus bisa memaksimalkan manfaat dari membaca buku agar lebih terasa dampaknya sekaligus memberi perubahan positif bagi lingkungan kita.

Membaca buku tampaknya bukan lagi menjadi hobi kebanyakan orang, sejak teknologi dan media sosial semakin berkembang. Seperti yang kita ketahui, buku adalah jendela dunia dan sumber pengetahuan. Tidak ada batasan umur untuk membaca buku, dari anak-anak hingga orang tua sekali pun. Bagi Anda yang memiliki waktu padat, cobalah luangkan beberapa menit untuk mulai membaca. Simak enam manfaat membaca buku, seperti yang dilansir dari Prevention.com, Rabu (9/8/2017).

https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3051031/6-manfaat-tak-terduga-baca-buku-beberapa-menit-dalam-sehari
https://www.membacacepat.com/artikel/manfaat-membaca-buku/
https://manfaat.co.id/manfaat-membaca-buku
https://ruangmahasiswa.com/info/7-manfaat-membaca-buku/
https://bacaterus.com/manfaat-membaca-buku/
http://dispusipda.jabarprov.go.id/artikel/detail/16021509182032