Menulis Prolog untuk Novel

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Pengertian Prolog – Dalam dunia karya sastra sering kali kita menemukan kata prolog, terutama dalam sebuah karya sastra yang berbentuk cerita seperti drama maupun novel. Prolog merupakan bagian penting yang selalu dicantumkan dalam dua karya sastra ini. Kehadiran prolog dalam dua karya sastra ini biasanya membuat jalan cerita yang ada dalam karya sastra menjadi lebih mudah dicerna dan dipahami oleh orang yang menikmatinya.
Pengertian Prolog: Apa itu Prolog? | Prolog adalah bagian naskah yang ditulis pengarang pada bagian awal. Pada dasarnya prolog merupakan pengantar naskah yang dapat berisi satu atau beberapa keterangan atau pendapat pengarang tentang cerita yang akan disajikan. Dalam pengertian yang lain, prolog adalah sebuah pendahuluan atau peristiwa pendahuluan. Prolog sering ditemukan pada pembukaan acara sandiwara, musik, pidato, dan sebagainya. Fungsi prolog adalah menerangkan dan membeberkan situasi. Sebuah prolog sengaja disusun untuk membangkitkan minat penonton terhadap apa yang akan dipertunjukkan nanti. Prolog juga digunakan untuk mengenal secara selintas tentang naskah yang seluruhnya akan disajikan kemudian.

Prolog adalah bagian dari novel yang terjadi sebelum awal dari cerita novel itu sendiri. Prolog bisa terdiri dari beberapa baris, sampai sepanjang satu chapter atau bab. Prolog seringkali digunakan untuk memberi informasi pada pembaca mengenai event yang terjadi sebelum cerita atau kehidupan karakter. Sebuah prolog juga bisa menjadi penyedia latar belakang, mengungkap bagaimana karakter bisa berada ada dalam situasi sekarang. Prolog juga bisa berfungsi untuk memperkenalkan cerita atau membangun tone cerita. Dan, tentu saja, seorang penulis bisa menyampaikan seluruh informasi di atas tanpa harus membuat sebuah prolog.

Pengertian Monolog

• Monolog adalah suatu ilmu terapan yang mengajarkan tentang seni peran di mana hanya dibutuhkan satu orang atau dialog bisu untuk melakukan adegan / sketsa nya.
• Monolog adalah percakapan seorang pemain dengan dirinya sendiri. Apa yang diucapkan itu tidak ditujukan kepada orang lain.

Jadi dapat disimpulkan Monolog dalam seni drama adalah pementasan peran yang dilakukan oleh satu pemain atau sendirian.

1. Pengertian Prolog

Prolog adalah bagian pengantar dari sebuah naskah/cerita drama, biasanya ini digunakan untuk menceritakaan keadaan atau gambaran secara umum dari sebuah cerita.

2. Pengertian Dialog

Dialog adalah komunikasi antar tokoh atau pemain yang terjadi dalam sebuah drama, biasanya dilakukan oleh dua orang atau lebih.

3. Pengertian Epilog

Epilog adalah bagian penutup dari sebuah naskah/cerita drama, biasanya ini berisi kesimpulan, simpulan dan pesan yang bisa diambil dari cerita drama tersebut.

Nah itulah penjelasan tentang Monolog, Dialog, Prolog dan Epilog. Semoga teman-teman bisa memahami dengan mudah dari penjelasan diatas. Jangan lupa untuk tetap belajar dan saling berbagi pengetahuan.

Contoh prolog 1

Dunia ini terasa berhenti, ketika Aku wajib siap menerima kenyataan pahit, mempunyai seorang Ayah dengan keadaan cacat. Ku ingin Ayah lebih sempurna, seseorang yang tidak cacat, semacam Ayahnya semua orang. Seorang Ayah yang bisa mendengar harapanku dan kekhawatiranku. Di sini, di Rumah petakku, aku hanya tinggal berdua dengan Ayah, setelah kematian Ibuku berbagai tahun yang lalu. Hanya Ayah satu-satunya keluarga yang aku miliki. Andalan yang mungkin tidak bisa aku harapkan.

Contoh epilog 1

Kematian Ayah yang begitu cepat membikinku sadar bahwa Ayah lah segalanya. Ayah lah satu-satunya lelaki yang bisa mengerti dan tidak bakal sempat menyakitiku. Seusai kepergiannya berbagai tahun lalu, aku sangatlah merasakan kehilangan yang teramat dalam. Saat ini aku menjalani nasibku dengan kesendirian. Hari-hariku berbalut kekecewaan dan luka mendalam. Tiada lagi sosok Ayah yang menemaniku, yang memanjakanku, dan yang rutin ada untukku. Aku yakin Tuhan bakal menurunkan seorang malaikat yang bakal menemani dan membikin tawa tersanjung untuk hari esok dan sesemakinnya.

http://www.bukusiswa.com/2017/07/contoh-dan-arti-prolog-dan-epilog.html
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-prolog-dilihat-dari-berbagai-sudut-pandang/
http://blog.nulisbuku.com/2016/04/menulis-prolog-untuk-novel/
http://www.diedukasi.com/2016/03/pengertian-monolog-prolog-dialog-epilog.html
http://aura-salsabila-world.blogspot.com/2014/01/berbagi-ilmu-tentang-karya-sastra.html