Alasan Kenapa Harus Menulis Buku

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Membaca buku menjadi salah satu modal penulis besar. Dengan membaca, akan memperoleh banyak informasi, ide, gagasan, sudut pandang, dan hasil analisis yang lebih kritis. Sebagai modal utama menulis buku, buku yang dibaca bisa beragam. Tergantung minat masing-masing penulis. Berikut ini beberapa manfaat menulis buku.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

1. Menambah Wawasan

Selain menambah wawasan untuk pembaca, menulis buku juga bermanfaat untuk diri sendiri.

Dengan adanya kemajuan era digital di masa sekarang ini, tentu hal itu dapat membantu kita dalam mengembangkan wawasan dan juga meningkatkan kemajuan karier menuju tahap yang lebih baik. Segala macam ilmu sudah bisa kita dapatkan dari internet. Segala macam hal bisa kita komunikasikan melalui handphone. Pun juga segala macam hal bisa kita nikmati dari keberadaan era digital itu sendiri.

2. Memperkuat Daya Ingat

Menulis buku membantu untuk mengasah daya ingat. Seorang penulis, dituntut untuk rajin membaca referensi sana dan sini. Semakin banyak pengetahuan dan sudut pandang.

Ketika berusaha mengingat informasi baru, mudah bagi kita untuk berasumsi bahwa semakin banyak usaha untuk menghafal, semakin baik. Namun istirahat sesekali – tanpa melakukan apapun – mungkin hal yang Anda butuhkan. Jadi jangan mengerjakan tugas, mengecek ponsel, atau berselancar di internet. Anda perlu sungguh-sungguh memberi otak Anda kesempatan untuk 'mengisi daya' sampai penuh, tanpa gangguan.

3. Memperoleh Keuntungan Finansial

Nanti, suatu saat kalau kamu sudah terbiasa menulis, kamu akan berpikir bahwa suatu hari nanti kamu bisa meraup untung dari menulis blog sendiri. Saat ini semakin banyak platform menulis yang bukan hanya sebagai media untuk mengekspresikan pikiran dan seni, tapi juga untuk menghasilkan uang. Sebelum memutuskan untuk mengikuti jejak blogger sukses, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

4. Open Minded

Penulis bisa memiliki pemikiran open minded. Berpikiran terbuka akan mencegah pikiran buntu dan mampet. Berpikiran terbuka akan mencegah Anda dari berpikiran sempit. Anda bisa membayangkan, apa jadinya jika Anda selalu saja menolak buah pikir orang lain, menolak ide bawahan, atau bahkan menolak sesuatu yang orang pada umumnya menerima.

5. Disegani

Saat membaca, tertuma saat membaca buku menarik, secara alam bawah sadar, muncul rasa kagum terhadap penulis dan disegani. Itu sebabnya, dibelakang buku selalu disertai biografi singkat penulis. Fungsinya selain sebagai identitas penulis, juga upaya mengenal ke pembaca.

Banyak orang yakin uang dan harta benda bisa mendatangkan kebahagiaan. Katanya sih gitu. Tapi sejumlah penelitian menyatakan kalo yang sebenernya diinginkan orang adalah disegani dan disukai. Bener juga sih. Buat apa punya banyak uang tapi dicela dan dibenci sama orang-orang? Hehehe. Oke, balik lagi ke penelitian tadi. Ketika disegani dan disukai, seseorang jadi lebih bahagia. Gak cuma itu, perasaan disegani membantu menciptakan kedekatan dengan orang-orang di sekitar kamu.

Sumber:
https://penerbitdeepublish.com/alasan-menulis-buku-els/
https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-43206587
https://squline.com/tips-memperluas-wawasan-karir/
https://moola.id/post/hobi-menulis-begini-cara-jitu-menghasilkan-uang-dari-tulisan-1487057891
https://samsonasik.wordpress.com/2008/10/13/melatih-pikiran-terbuka/
https://psikologihore.com/agar-kamu-disegani/