Cara Membuat Resensi Buku

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Squad, apakah kamu sudah pernah mendengar istilah resensi? Atau bahkan kamu pernah diminta guru untuk meresensi isi buku favorit kamu di kelas? Masih banyak yang belum mengenali apa itu resensi dan bagaimana cara membuat resensi yang baik. Nah, kali ini kita akan belajar tentang unsur-unsur resensi serta bagaimana cara membuatnya. Yuk, kita mulai.

Resensi adalah sebuah tulisan yang berisi tentang ulasan suatu buku. Kata resensi sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu recensere yang artinya “melihat kembali”, “menimbang”, atau “menilai”.

https://blog.ruangguru.com/cara-membuat-resensi-buku

Apakah anda mau membuat buku cerita fiksi yang berkualitas? Atau membuat buku cerita non fiksi yang berkualitas? Anda bisa menemukan cara membuat buku cerita fiksi atau nonfiksi di buku milik saya. Bila sudah membuat buku cerita fiksi, apakah anda mau melakukan resensi buku?

Tujuan Resensi

Seorang penulis resensi atau biasa disebut resentator akan memberi pertimbangan kepada pembaca secara seimbang, baik kelebihan maupun kekurangan suatu buku yang diresensinya. Selain itu penulisan resensi bertujuan untuk :

1. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.

2. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.

3. Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis lainnya.

4. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku

http://bungalotus1990.blogspot.com/2014/11/cara-membuat-resensi-buku-yang-baik-dan.html

Menurut pengertian KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), resensi yaitu suatu pembicaraan buku atau sebuah ulasan mengenai satu buku. Sebuah resensi novel atau buku berisi pembahasan singkat namun jelas yang memberikan ulasan dan pendapat mengenai buku atau novel yang sedang dibaca.

Ketika sedang meresensi sebuah buku atau novel berarti sudah menilai dan menyatakan kembali isi buku tersebut dengan pemikiran kalian. Kamu perlu memahami tujuan menulis resensi buku, yaitu untuk memberikan informasi-informasi buku yang mana informasi buku tersebut sudah dibahas kepada masyarakat.

http://santinorice.com/contoh-resensi-buku/

Manfaat Resensi

Beberapa manfaat resensi buku atau novel :
1. Sebagai bahan pertimbangan dan memberikan gambaran secara umum kepada pembaca tentang suatu karya dan untuk mempengaruhi mereka atas karya tersebut.
2. Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang akan diresensi secara gratis dari penerbit buku apabila karya yang diresensinya di muat di koran atau majalah.
3. Merupakan sarana atau media promosi buku. Buku yang di resensi merupakan buku baru yang belum pernah di resensi oleh orang lain. Dengan demikian, resensi merupakan sebagai media promosi buku baru tersebut untuk menarik perhatian orang yang suka membaca.
4. Pengembangan kreatifitas. Semakin sering menulis, maka kita akan semakin terlatih untuk lebih berinovasi dalam menulis.

https://sahabatnesia.com/contoh-resensi-buku-non-fiksi-lengkap/

Cara Menulis Resensi Novel

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis resensi novel adalah
Mencantumkan dan menjelaskan identitas buku selengkap mungkin, seperti jenis buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, harga buku.

Ungkapkan ikhtisar isi cerita/sinopsis karya sastra yang akan diresensi serta hal-hal menarik yang akan dibahas sebagai pendahuluan di awal paragraf.

Ungkapkan kelebihan dan kekurangan isi novel atau cerpen dari segi isi, tema, latar, alur, perwatakan, sudut pandang, dan lain-lain.

Ungkapkan kelebihan dan kelemahan dalam pengunaan bahasa!
Pada akhir paragraf berilah kesimpulan tentang penting atau tidaknya novel itu untuk dibaca.

https://www.siswapedia.com/menulis-resensi/

Bagaimana cara membuat buku cerita fiksi atau non fiksi yang berkualita dan bisa menghasilkan penjualan sampai best seller? Anda bisa mendapatkan cara membuat buku dan penjualannya di blog saya.