5 Tips Cara Membuat Judul Buku Novel Keren

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

“Apaan, nih, judul sama isi ceritanya enggak nyambung.“

Pernahkah Teman-teman berkomentar seperti itu saat membaca, baik itu koran, majalah, buku, maupun cerpen yang menurut teman-teman isi dengan judul tidak relevan? Atau pernahkah berkomentar seperti, “Judulnya kurang oke, ah.“?

Saya menghadirkan blog panduan cara membuat buku cerita fiksi atau nonfiksi. Kalau anda mau belajar, bisa mengawali dari sekarang belajar karena update masih sedikit sehingga masih bisa dijangkau dalam membaca.

Sumber:catatanlauna.wordpress.com/2013/03/30/tips-membuat-judul-yang-memukau/

Cara Membuat judul buku yang menarik seringkali menjadi penghambat seseorang untuk menjadi penulis sebuah buku, karena bingung bagaimana cara menentukan judul yang menarik untuk buku yang akan ia tulis.

judul buku yang menarik memiliki power tersendiri, karena Dalam sebuah buku laris yang Merupakan daya tariknya bukan hanya sekedar pada bagian Cover saja, melainkan ada yang lebih penting yaitu Judul dan isi dari buku tersebut. Hal ini kita sering mendapati bahwa konsumen akan tertarik membeli sebuah buku apabila ia melihat judulnya menarik.

Sumber:lebahmaster.com/6-cara-membuat-judul-buku-yang-menarik/

Apakah anda mau menulis membuat buku cerita? Gampang? Anda bisa mengetahui cara membuat buku cerita dengan melalui blog saya.

Menurut Anda, apa bagian terpenting dari sebuah buku? Ceritanya? Kovernya? Atau judulnya? Jawabannya adalah judulnya. Lupakan jalan ceritanya terlebih dahulu. Tanpa judul yang menarik, calon pembaca bahkan tidak akan memperhatikan buku Anda yang terpampang bersama puluhan buku lainnya di rak toko buku. Judul yang menarik juga akan mendorong penyunting untuk membaca isi buku Anda. Oleh karena itu, pilih judul buku yang menarik dan mudah diingat; pastikan buku Anda akan dijadikan pilihan pertama oleh para pembaca dan calon penerbit!

Sumber:wikihow.com/Membuat-Judul-Buku-yang-Menarik

Mau kemana lagi anda belajar cara membuat buku cerita kalau tidak melalui blog saya?

Judul yakni bagian pokok suatu tema yang kiat angkat. Maka dari itu judul memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah cerpen dalam hal cerita anak (cernak) Karena apa? Ya, yang pertama kali dibaca penikmat cerpen (cernak) dalam sebuah karya (tulisan) adalah judulnya! Jika judul itu indah, aneh, unik dan kadang membingungkan sering kali lebih mampu memancing penikmat cernak untuk minat membaca cernak itu. Tapi sering sebagai penulis terkadang sulit membuat atau menemukan judul yang tepat untuk cernak yang dibuat.

Sumber:kompasiana.com/perantaukatakat.multply.com/551876d581331146699de75d/membuat-judul-menarik-untuk-cerita-anak?page=all

Menentukan judul itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Hanya beberapa kalimat saja, ada malah yang hanya satu kalimat saja. Namun, judul adalah penentu kesuksesan sebuah tulisan. Jika judul tersebut menarik dan membuat pembaca ingin tahu lebih lanjut, maka sukseslah tulisan Anda. Jika tidak menarik? Anda bisa menebaknya. Maka dari itu memilih judul itu sangat penting. Nah … ada permasalahan lainnya. Sebaiknya menentukan judul sebelum menulis atau sesudah menulis?

Sumber:amrudly.com/menentukan-judul/

Jujur saja, saya seringkali hanya tersenyum mendengarnya. Ya, karena sejak awal belajar menulis cerpen, persoalan judul belum pernah “dipikirkan banget”. Bagi saya, judul cukup setelah mewakili keseluruhan cerita. Tapi juga tidak dipungkiri, saya sering terkesan dengan judul-judul menarik, misalnya judul yang “misterius”, aneh atau unik.

Sumber:dongengyusrismail.blogspot.com/2017/01/cara-membuat-judul-cerpen-yang-menarik.html

Ujwar.com – Saya kepusingan buat ngebahas hal-hal soal novel, cerpen, atau cerita lainnya. Gara-gara ada teman bertanya soal judul, jadi ada ide buat ditulis di blog. Biar blognya gak terlalu kosong melongpong. Hehe.

Pertanyaan teman saya begini, “Gimana cara membuat judul novel yang bagus? Yang bisa menarik perhatian orang, yang terdengar unik, yang terlihat amazing, dan tentunya membuat orang mengingat tulisan kita karena judul.”

Lantas, bagaimana membuat judul novel yang menarik? Berikut ulasannya:

1. Judul yang Berbeda dari yang Lain
2. Judul yang Provokatif
3. Judul Menandakan Suatu Ciri Khas Dalam Novel
4. Judul Menandakan Inti Cerita
5. Judul Menandakan Ending
6. Membuat Judul Menggunakan Bahasa Inggris
7. Membuat Judul Minimal 3 Kata
8. Membuat Judul yang berhubungan dengan Sifat Unik Tokoh
9. Membuat Judul yang Berhubungan dengan Tempat

Nah, itukah 9 rahasia membuat judul novel yang bisa menarik perhatian orang lain. Kamu punya trik dan tips juga? Boleh dicorat-coret di komentar ya. Kita sharing sama-sama. Selamat belajar meentukan judul.

Sumber:ujwar.com/2017/12/9-rahasia-membuat-judul-novel-supaya.html

Yakin anda tidak mau menulis membuat cerita pendek dalam sebuah buku? Anda jangan sampai menyesal dengan kemampuan anda menulis. Keahlian menulis harus diungkapkan dan dibuat buku cerita.

Klik disini soal judul buku

1 Komentar so far

Oke. Makasih tipsnya. Sangat membantu merangkai judul buku yang baik.