Cara Menulis Resensi Buku

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Resensi adalah model tulisan yang secara umum menyinggung ikhtisar sekaligus ringkasan dari karya yang dinilai untuk bisa diperoleh keunggulan maupun kelemahannya. Hal ini bertujuan memberikan pandangan bagi pembaca dan calon pembaca mengenai karya tersebut. Teman-teman pasti sudah sering melihat tulisan berupa resensi yang menyampaikan keunggulan dan kekurangan dari sebuah novel, cerpen, naskah drama, ataupun film.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dimaksud disini bisa berupa berupa buku dan karya seni film dan drama. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Ada juga pendapat yang memberikan devinisi Resensi adalah ulasan/penilaian/ pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, film, atau karya yang lain. Penulis resensi memberikan gambaran secara garis besar kepada pembaca mengenai suatu karya baik itu film maupun buku agar dipertimbangkan untuk dibaca maupun ditonton. Jadi secara garis besar Resensi diartikan sebagai kegiatan untuk mengulas atau menilai sebuah hasil karya baik itu berupa buku, novel, maupun film dengan cara memaparkan data-data, sinopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut.

Resensi buku adalah kupasan atau pembahasan tentang buku yang dimuat di media massa, seperti surat kabar atau majalah. Resensi bertujuan untuk memberi tahu kepada calon pembaca tentang keunggulan dan kelemahan sebuah buku, sekaligus memberi saran kepada calon pembaca mengenai perlu atau tidaknya sebuah buku dibaca. Bila kita adalah seekor, eh seorang kutu buku, maka menjadi resensator atau penulis resensi buku tentu merupakan profesi yang sangat menyenangkan.

Dilansir dari academicindonesia.com, ada lima cara mudah untuk meresensi buku pada umumnya. Kelima itu diantaranya adalah:

1. Menentukan Buku yang Akan Diresensi

Langkah pertama ini mutlak dilakukan untuk menentukan genre buku apa yang hendak diresensi. Buku-buku seperti novel, antologi cerpen, roman, puisi, biografi dan banyak buku lainnya tentu memiliki perbedaan. Sehingga dengan menentukan buku apa yang akan diresensi dapat menghindarkan dari kebingungan.

2. Mencatat Data atau Informasi Buku yang Akan Diresensi

Data atau informasi dari sebuah buku adalah identitas buku. Dalam resensi, mencantumkan identitas buku ini wajib hukumnya. Adapun identitas buku tersebut meliputi:

Judul Buku:?
Pengarang:
Penerbit :
Cetakan :
Tebal Buku:
Harga Buku:

3. Menuliskan Poin-poin Penting dalam Buku
4. Menuliskan Isi Resensi

Langkah berikutnya adalah menulis resensi. Pada tahap ini adalah bagian kita untuk menilai kelebihan dan kekurangan suatu buku. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

5. Menulis Kesimpulan

Langkah yang terakhir adalah menuliskan kesimpulan resensi untuk megungkapkan apa yang bisa di dapat dari buku yang diresensi. Dan jangan lupa untuk menyarankan kepada pembaca agar segera membaca buku tersebut.

Cara Menulis Sinopsis Buku Novel

https://www.kartunet.com/menulis-resensi-buku-791/
https://www.bernas.id/51227-cara-mudah-menulis-resensi-buku.html
http://kingartikel.blogspot.com/2015/06/contoh-resensi-dan-cara-penulisan.html
http://www.yuksinau.id/resensi-pengertian-unsur-jenis-tujuan-manfaat/#!
https://www.studiobelajar.com/cara-menulis-resensi/