Pengertian Dialog Dan Contohnya Secara Jelas

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Pengertian dialog dan contohnya – Dialog adalah percakapan antara 2 orang atau lebih, atau dialog dapat diartikan juga sebagai komunikasi yang mendalam yang mempunyai tingkat dan kualitas yang tinggi yang mencangkup kemampuan untuk mendengarkan dan juga saling berbagi pandangan satu sama lain.


Dialog (kadang-kadang dieja sebagai dialog pada Bahasa Inggris Amerika[1]) adalah sebuah literatur dan teatrikal yang terdiri dari percakapan secara lisan atau tertulis antara dua orang atau lebih. Sejarahnya berasal sebagai narasi, filosofi atau lambang dedikasi yang dapat ditemukan di Literatur Yunani Kuno dan Literatur India, khususnya pada seni kuno yaitu Retorika.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Mempunyai kehilangan kontak hampir semuanya pada abad ke-19 dengan dasar-dasar dalam retorika, gagasan dialog muncul ditransformasikan dalam pekerjaan kritikus kebudayaan seperti Mikhail Bakhtin dan Paulo Freire, teolog seperti Martin Buber, sebagai sebuah eksistensial paliatif untuk melawan atomisasi dan keterasingan sosial dalam masa masyarakat industri.

Tahukah kamu percakapan yang aktif antara narasumber dengan peserta itu adalah salah satu contoh dialog interaktif? Nah, lantas bagaimana cara kita memahami secara utuh yang nantinya bisa mendapat pelajaran yang maksimal dari contoh-contoh dialog interaktif yang ada di sekitar kita?

Cara Memberi Tanda Baca pada Kalimat Dialog

Dialog adalah unsur yang penting di dalam sebuah naskah fiksi, karena ia memberikan petunjuk yang lebih jelas tentang tokoh-tokoh yang ada, tentang bagaimana mereka saling berinteraksi dan menciptakan dinamika yang lebih pada proses penceritaan kisah itu sendiri. Beberapa penulis, seperti Ernest Hemingway atau Raymond Carver, sangat mengandalkan dialog, namun penulis-penulis lain lebih jarang menggunakannya. Tetapi, sebelum Anda menggunakan dialog dalam tulisan Anda sendiri, penting sekali agar Anda memahami bagaimana memberi tanda baca pada dialog itu. Beberapa aturan dasar ini akan membuat tulisan Anda terlihat dan terdengar lebih bermakna serta lebih profesional.

1. Beri tanda baca pada kalimat yang berakhir dengan kata-kata dialog.

“Aku ingin membaca buku saja sambil berbaring di ranjang sepanjang hari,” Mary berkata.

2. Beri tanda baca pada kalimat yang diawali dengan kata-kata dialog

Mary berkata, “Kupikir aku akan makan cupcake saja untuk sarapan.”

3. Beri tanda baca pada kalimat yang memiliki kata-kata dialog di tengah-tengahnya.

“Aku ingin berlari,” Mary berkata, “tetapi aku lebih suka duduk-duduk saja di kursi goyang ini.”

4. Beri tanda baca pada kalimat-kalimat yang memiliki kata-kata dialog di antara dua kalimat dialog.

“Murid baru di sekolah tadi kelihatannya baik,” Mary berkata. “Aku ingin berkenalan lebih jauh dengannya.”

5. Beri tanda baca pada dialog yang tidak mencantumkan kata-kata dialog.

“Menurutku hubungan ini tidak bisa dilanjutkan lagi.” Mary bermain-main dengan pulpennya.

Perihal Narasi dan Dialog Sebuah Cerpen

Narasi dan dialog adalah dua hal yang biasanya ada dalam sebuah cerpen. Narasi merupakan pengisahan suatu cerita atau kejadian. Dialog merupakan percakapan dalam sandiwara, cerita dan sebagainya. Perihal narasi dan dialog dapat dilihat dari komposisi dan cara penulisannya.

Komposisi narasi dan dialog

Jika memperhatikan sebuah cerpen, umumnya narasi lebih banyak dari dialog. Namun demikian ada juga cerpen yang hanya memuat narasi. Ada juga cerpen yang lebih banyak memuat dialog. Ketiga komposisi tersebut menjadi hak prerogratif penulis untuk menulisnya, sesuai dengan gaya kepenulisan yang dimiliki masing-masing penulis.

https://www.kompasiana.com/aguspribadi1978/551895d281331127699de8ad/perihal-narasi-dan-dialog-sebuah-cerpen
https://id.wikipedia.org/wiki/Dialog
https://notepam.com/contoh-dialog-interaktif/amp/
https://id.wikihow.com/Memberi-Tanda-Baca-pada-Kalimat-Dialog
http://www.pengertianku.net/2015/06/pengertian-dialog-dan-contohnya-secara-jelas.html