Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar bagi Pemula

Apakah anda ingin belajar menulis buku. Anda bisa mengunjungi blog ini disini, belajarmenulistips. Di blog ini, ada banyak pembahasan dan karya yang berhubungan dengan penulisan. Tentunya, salah satunya adalah tentang cara membuat buku cerita fiksi.

Sebetulnya, membuat puisi itu gampang-gampang susah. Kita harus memiliki kosa kata yang banyak untuk menjadikan sebuah puisi itu terlihat indah. Butuh imajinasi yang tinggi agar puisi tersebut menjadi nyata dan hidup.

Sama halnya membuat cerpen, dalam cerpen juga kita harus mengeluarkan seluruh tenaga dan pikiran kita agar terfokus kepada kata-kata yang tepat untuk isi di dalam karangan tersebut.


Menulis puisi mengharuskanmu untuk memperhatikan keadaan, baik di dalam pikiranmu maupun di sekitarmu. Kamu bisa menulis puisi tentang apa pun, dari mulai cinta, kehilangan, hingga pagar berkarat di sebuah perkebunan tua. Penulisan puisi dapat menjadi hal yang “menakutkan”, terutama jika kamu tidak merasa kreatif atau mampu mengeluarkan ide-ide puitis. Akan tetapi, dengan inspirasi dan pendekatan yang tepat, kamu bisa menulis puisi yang bisa kamu bagikan dengan bangga ke kelas dan teman-temanmu.

Baca: Cara Membuat Buku Dengan Teknik Apa Adanya

Puisi di atas adalah salah satu karya Aan Mansyur yang dibuat untuk keperluan film Ada Apa Dengan Cinta 2. Aan Mansyur adalah sastrawan dari Makasar. Melalui karya-karyanya yang begitu penuh makna, Aan Mansyur menjadi satu-satunya orang yang dipercaya untuk membuat segala kebutuhan puisi dalam film tersebut. Beberapa puisinya dibacakan oleh Nicholas Saputra sebagai pemeran Rangga. Berkat kepiawaiannya merajut kata, Aan Mansyur kini menjadi sastrawan terkenal yang sering mengisi acara-acara kepenulisan dan sastra, karyanya pun banyak dicari oleh masyarakat.

Squad, apa kamu pernah membuat puisi? Tentu pernah 'kan? Baik itu tugas sekolah atau hanya hobi kalian saja. Setelah mengetahui pengertian serta unsur pembangun puisi, sekarang kita akan membahas bagaimana langkah-langkah membuat puisi. Mungkin banyak yang berpikiran bahwa sepertinya membuat puisi itu mudah, namun pada nyatanya banyak yang harus diperhatikan agar puisi itu sendiri menarik saat dibaca dan mudah dipahami oleh pembaca. Lalu, bagaimana cara membuat puisi yang baik dan benar? Yuk, kita pelajari.

Pada kesempatan kali ini, saya akan uraikan untuk Anda bagaimana cara membuat puisi yang baik dengan penempatan bait dan baris yang benar sehingga akan tercipta sebuah karya sastra nan indah dan bermakna.

Pada dasarnya, menulis puisi itu mirip seperti halnya membuat cerpen. Yaitu membutuhkan imajinasi, emosi serta kemampuan mengolah kata agar puisi yang dibuat menjadi karya sastra yang menyentuh hati.

Kalau diperhatikan, banyak orang berpikir bahwa “katanya” membuat puisi itu mudah. Dan bisa saja benar apa yang mereka pikirkan, jika : Mereka memang ahli menulis puisi.

Nah, tenang, kita juga bisa kok menulis puisi bagus seperti Rangga, atau Rako Prijanto di dunia nyatanya. Di sini, Bacaterus akan memberi tips-tips yang mungkin bisa membantu kalian untuk membuat puisi dan mengembangkan kemampuan menulis puisi kalian. Baca terus, yuk!

Berfikirlah Sekreatif Mungkin

Maka dari itu langkah awal untuk membuat puisi, kamu cukup memikirkan ide-ide lalu tulis semua ide tersebut yang melayang-layang di atas kepalamu ke dalam kertas putih. Dengan begitu kamu akan dipaksa untuk mencari terus ide yang kreatif dan ujung-ujungnya pikiranmu akan semakin berkembang.

Tingkatkan Terus Kualitas Puisimu

Untuk menambah kualitas tabungan puisi yang sudah kita buat. Dari sini kita bisa lihat dan cermati apa yang masih salah dari puisi kita. Jangan-jangan ada hal yang tidak di inginkan yang akan merusak isi dari puisi tersebut.

Jadikan Puisimu Seperti Memiliki Soul (Jiwa)

1. Pertama
Bacalah kembali puisi yang telah kamu buat. Baca dengan benar dan menghayatinya. Dengan begitu kamu bisa merasakan dan menilai dari hasil puisimu.

2. Kedua
Setelah puisi buatanmu telah kamu dengarkan dan baca kembali, maka beberapa yang telah kamu tandai kini harus dirombak.

3. Ketiga
Coba bagikan puisimu ke berbagai teman. Di sinilah mentalmu akan diuji dan di sini jugalah terlihat apakah puisimu itu sudah bagus ataukah belum.


https://id.wikihow.com/Menulis-Puisi
https://typoonline.com/blog/cara-membuat-puisi-untuk-pemula/
https://blog.ruangguru.com/cara-membuat-puisi-yang-baik-dan-benar
https://aink.web.id/cara-menulis-puisi/
https://bacaterus.com/cara-membuat-puisi-yang-bagus/
https://ceritaihsan.com/cara-membuat-puisi/